Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Merasa Ditipu Rp 3,9 M, Warga Surabaya Perkarakan ke Pengadilan
Rabu, 19-09-2018 | 17:18 wib
Oleh : Ayul Anhdim
Surabaya pojokpitu.com, Taufan Hidayat SH., MH., salah satu tim kuasa hukum terdakwa Ir. Eduard Rudi Suharto SH., yang diduga melakukan penipuan dan penggelapan uang sebesar 3,9 miliar milik Dian Sanjaya, mengaku laporan yang dituduhkan terhadap kliennya terlalu dipaksakan dan jelas mengada-ada.

Pada sidang yang digelar di ruang Sari 2, Pengadilan Negeri (PN) Surabaya dengan Ketua Majelis Hakim Maxi Sigarlaki SH., MH., dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nurochman dari Kejaksaan Tinggi Jawa timur, kali ini masuk pada agenda pembacaan nota keberatan (Eksepsi) dari kuasa hukum Rudi.

Dalam eksepsinya, Taufan mengatakan bahwa seharusnya kasus yang memaksa kliennya (Rudi) menjadi terdakwa, masuk pada ranah perdata bukan masuk pidana,"Lebih lanjut menurut Taufan, seharusnya upaya hukum yang tepat terkait wan prestasi yang dilakukan kliennya adalah melalui pemeriksaan di persidangan, berdasarkan hukum acara perdata, bukan hukum acara pidana.

"Seharusnya ini masuk pada ranah perdata karena terkait wan prestasi, kalau ke pidana saya rasa ini seperti terlalu dipaksakan dasar hukumnya," tegas Taufan usai persidangan.

Dalam kasus ini, menurut kuasa hukum yang tergabung dalam Kantor Hukum  Wirjohardjo dan Rekan  tersebut, pengembalian uang Dian Sanjaya oleh kliennya (Rudi) dan sudah adanya penyelesaian dengan adanya surat perjanjian yang dibuat oleh kedua belah pihak seharusnya tidak perlu sampai ke ranah hukum. Apalagi sudah ada surat pencabutan laporan kepolisian yang dilakukan oleh Dian.

"Permasalahan ini kan awalnya terkait kerja sama dan sudah ada penyelesaian, jadi kalau masuk perkara pidana sangat-sangat dipaksakan. Kalaupun dituntut pastilah Onslugh," pungkas Taufan. (end)

Berita Terkait


Janjikan Lulus Tes Cpns Guru Honorer Tipu Puluhan Juta

Korban Penipuan Perumahan Fiktif, Geruduk Rumah Pemilik Tanah

Mengaku Anggota Polisi, Buruh Bawa Kabur Mobil Taxi Online

Demi Jualan Online Laku, Warga Wiguna Nekad Tipu Driver Ojek Online


Berdalih Bisa Bebaskan dari Kasus Narkoba, Pelaku Penipuan dan Pemerasan Raup Ratusan Juta

Korban Penipuan Aset Pemkot Malang Tolak Penangguhan Penahanan Tersangka

Jalani Persidangan, Henry Gunawan Didemo Korban Penipuan

Ahmad Dhani Dilaporkan Kasus Penipuan Proyek Villa
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber