Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Nyadran Bersama 7 Gadis, 7 Mata Air dan 7 Tumpeng Besar
Sabtu, 15-09-2018 | 12:02 wib
Oleh : Achmad Syarwani
Nganjuk pojokpitu.com, Warga Desa Bendo Asri Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk, menggelar tradisi bersih desa atau dikenal dengan nyadran. Sebanyak 300 warga lereng Gunung Pandan ini, memulai tradisi dengan arak arakan dari balai desa menuju rumah kepala desa.

Uniknya, sebanyak 7 gadis cantik berparas putri kerajaan membawa 7 ujuh air dari 7 mata sumber air yang ada di Sendang Desa Bendoasri.

Warga juga mengusung tumpeng hasil bumi raksasa diarak keliling kampung. Juga membawa berbagai makanan yang dibungkus dengan kulit dan daun pisang.

Dalam arak arakan, sejumlah pria mengenakan baju kraton, lengkap dengan keris dan membawa tombak pusaka desa.

Usai sampai di depan rumah Kepala Desa, air di masukkan kedalam kendi, dan semayamkan untuk di tuangkan pada tahun depan pada acara nyadran pula.

Menurut Kepala Desa Bendo Asri, Dudung Kuswanto, bersih desa merupakan acara sakral yang digelar tiap tahun. Meski desanya terletak di tengah hutan, tidak menyurutkan warga masyarakat untuk tetap melestarikan budaya dan tradisi nenek moyang.

Pengambilan dan air dan penyemayaman air bertujuan agar sumber mata air tetep lancar, dan tidak ada kekeringan. Serta upaya menjaga hutan agar tetap lestari, demi meningkatnya kesejahteraan dan keberlangsungan hidup warga desa.

Sementara menurut Kapala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Nganjuk, Pasiyan, perayaan tradisi nyadran sebagai bentuk upaya melestarikan budaya. Di harapkan tradisi nyadran ini akan terus diadakan dan bisa di kembangkan ke beberapa desa lain. (pul)

Berita Terkait


Nyadran Bersama 7 Gadis, 7 Mata Air dan 7 Tumpeng Besar


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber