Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Lahan 20 Hektar TPA Sidoarjo Mulai Dibangun dengan Dana APBN Rp 300 M
Sabtu, 15-09-2018 | 04:18 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Lahan seluas 20 hektar yang merupakan tempat pembuangan akhir (TPA) di Kabupaten Sidoarjo mulai dibangun dengan menghabiskan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara senilai Rp 300 milyar. Pengerjaan tempat pembuangan tersebut diperuntukkan berbagai pengolahan sampah kering maupun basah yang berasal dari sampah rumah tangga.

Tahap pertama pembangunan tempat pengolahan sampah ini dilakukan di TPA Griyo Mulyo Desa Kupang Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Bantuan pembangunan tersebut dalam bentuk pembangunan pengolahan sampah ke pihak Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dan dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Sidoarjo.
 
Untuk pembangunan tahap satu ini, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR akan mengerjakan seluas 14 hektar dari total lahan 20 hektar. Seluas 14 hektar akan dibangun tempat pengolahan sampah mulai dari proses pemilahan sampah hingga pembuatan kompos yang nantinya ditempatkan di residu sehingga hanya tinggal 30 persen sampah yang tersisa.
 
"Dengan langkah tersebut, sampah yang berasal dari rumah tangga yang sudah diproses akan berkurang dan bisa digunakan hingga usia 5 tahun tergantung dari pengolahannya. Sedangkan untuk pembangunan pengolahan sampah ini menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara senilai kurang lebih Rp 300 milyar lebih," kata Nur Ahmad Syaifuddin, Wakil Bupati Sidoarjo.
 
Di tempat pembuangan akhir Griyo Mulyo Sidoarjo di Desa Kupang Kecamatan Jabon ini setiap harinya menerima sampah sebanyak 90 hingga 100 ton sampah per hari. Jika tempat pengolahan dan pemilahan sampah ini sudah berjalan akan mengurangi volume tumpukan sampah yang ada di TPA Griyo Mulyo sehingga permasalahan sampah dapat terselesaikan.
 
Dari 20 hektar dan 14 hektar yang terpakai untuk pengolahan sampah ini, sisanya akan dibuat pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSA) yang didatangkan dari negara China.(end)

Berita Terkait


Lahan 20 Hektar TPA Sidoarjo Mulai Dibangun dengan Dana APBN Rp 300 M

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber