Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Ingin Sumber Melimpah, Warga Desa Penanggal Gelar Ritual Ruwat Air
Jum'at, 14-09-2018 | 11:03 wib
Oleh : Achmad Arif
Lumajang pojokpitu.com, Warga di lereng Gunung Semeru Lumajang kaya akan tradisi. Salah satunya ruwat sumber mata air di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang ini.

Arak arakan tumpeng hasil bumi dan tumpeng nasi ke keliling Desa Penanggal, Kecamatan Candipur, Lumajang. Dibarisan paling depan, di isi dengan atraksi drama kolosal Maling Angguno.

Setelah puas keliling desa, belasan tumpeng hasil bumi dan ratusan tumpeng nasi dibawa ke sumber mata air tirtosari.

Sesepuh desa yang telah menunggu, membacakan doa doa, agar air umbulan tirtosari ini tetap melimpah. Sehingga bisa dijadikan kolam, sember mata air juga bisa menyirami sawah warga di 5 desa.

Upacara saling memegang kupat janur kuning di atas sumber mata air ini dilakukan. Dengan harapan, suber mata air juga tak putus putus. Selanjutnya semua kepala desa se-keamatan Candipuro, dan muspikanya menggelar ritual basuh muka.

Usai mengikutui acara itu, warga langsung berebut tumpeng buah.  Rebutan tumpeng ini, nyaris berujung keributan. Saat warga saling perang air dan buah buahan.

Ritaul ruwat air diakhir makan bersama. Semua masakan warga yang dibawa, langsung dimakan secara bersama sama.

Kepala Desa Penanggal, Cik Ono, ritual ini tiap tahun dilakukan. Namun kali ini yang paling meriah. Berbagai macam tradisi yang nyaris punah kembali dilestraikan. Harapannya warga Desa Penanggal yang beragam ini bisa hidup rukun dan sejahtera. (pul)

Berita Terkait


Ingin Sumber Melimpah, Warga Desa Penanggal Gelar Ritual Ruwat Air

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber