Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Sentuhan teknik bakar atau pirograpi membuat lukisan tersebut makin bercitarasa seni tinggi. Foto Farid
Lukisan Unik Ini Dibuat Dengan Metode Kayu Bakar 3 Dimensi
Kamis, 13-09-2018 | 22:21 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Seorang warga di Kota Probolinggo punya kreasi unik dari limbah kayu. Barang sisa produksi kayu ini disulap menjadi karya lukisan tiga dimensi yang artistik.

Galeri seni yang memiliki lukisan 3 dimensi dari bahan limbah kayu itu di Jalan Panjaitan, Kota Probolinggo milik Agustinus Eko (45). Perpaduan antara seni lukis dan teknik pirograpi atau melukis dengan media panas serta sentuhan layer tiga dimensi, membuat lukisan Eko berbeda dari karya lukis lainnya.
 
Terlihat hasil karya dari lukisan kerapan sapi brujul yang merupakan tradisi petani khas Kota Probolinggo, kampung nelayan, dua ekor burung perkutut hingga candi borobudur. Jika dilikat secara detail, ternyata lukisan ini semua dari limbah kayu, gambar daun dari serbuk kayu, hingga gambar tebing dari triplek bekas.
 

Menurut Eko, Inovasi itu ditemukan sekitar 6 bulan lalu, ketika sudah jenuh dengan pekerjaannya sebagai karyawan sebuah pabrik. Melihat limbah kayu bekas pengolahan pabrik kayu bertaraf internasional, Eko kemudian berinisiatif untuk mengolahnya menjadi sebuah karya seni.
 
Dengan bekal pengetahuan seni otodidak dan bantuan internet, Eko berhasil menciptakan lukisan bakar tiga dimensi. Dengan telaten, bapak tiga anak ini mengolah potongan dan serbuk limbah kayu yang didapatkannya secara gratis, menjadi lukisan bernilai seni tinggi.
 
"Untuk menghasilkan sebuah lukisan, mula-mula menggambar obyek yang akan dibentuk pada selembar kertas. Lalu sketsa untuk cetakan pada triplek, dan dipotong sesuai sketsa obyek," kata Eko.
 
Potongan itu kemudian disatukan dalam satu frame kayu, lalu ditambah dengan serbuk kayu yang sudah diberi lem. Proses selanjutya, adalah pengeringan yang memakan waktu sampai 2 hari agar lem benar-benar merekat maksimal.,
 
Kali ini Eko mulai membuat pirograpi, atau lukis sorder bakar bertema orang naik sepeda angin.

Hemmm, lihat saja hasilnya, melukis menggunakan sorder panas membuat hasilnya sungguh artistik. Serta seorang naik sepeda yang dilukis ini adalah sosok Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia.  
 
Untuk membuat satu lukisan, waktu pengerjaan bervariasi mulai dari 2 hingga 7 hari, tergantung dari kerumitan selama proses. Hasil karya seni unik inipun, memiliki nilai ekonomis tinggi. "Satu lukisan dijual antara Rp 300 ribu hingga Rp 2 juta," jelas Eko.
 
Untuk memasarkan karyanya, Eko mengandalkan jejaring sosial dan getok tular testimoni dari para pelanggannya. Sejauh ini, lukisan bakar tiga dimensi karya Eko sudah merambah pasar internasional sampai ke Korea Selatan.
 
Tertarik dengan karya seni lukis bakar tiga dimensi ini?, tidak ada salahnya untuk datang ke galeri pusat oleh-oleh Pak Eko, di Jalan Panjaitan, Kota Probolinggo. (pul)
 



Berita Terkait


Lukisan Unik Ini Dibuat Dengan Metode Kayu Bakar 3 Dimensi

Indahnya Lukisan Dari Ampas Kopi Ini

Melukis Adalah Menghidupkan Lukisan Lewat Warna-Warna dan Kuas

Tampilkan Keindahan Alam Dalam Lukisan Untuk Menyampaikan Pesan Keadilan


Tampilkan Keindahan Alam Dalam Lukisan Untuk Menyampaikan Pesan Keadilan

Seniman Ini Aktualisasikan Tokoh Bangsa Dalam Lukisan

Unik, Lukisan Tiga Dimensi di Jalan Aspal

Batu Kali Disulap Menjadi Lukisan Bernilai Seni Tinggi
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber