Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Kemenag Butuh 26 Ribu Guru Agama Islam
Kamis, 13-09-2018 | 07:21 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Berita Video : Kemenag Butuh 26 Ribu Guru Agama Islam
Surabaya pojokpitu.com, Kementerian Agama menyebut pihaknya kini membutuhkan 26 ribu guru pendidikan agama Islam. Sayangnya, hal tersebut terkendala lamanya moratorium bagi guru agama, menyebabkan kuota guru agama Islam di Indonesia kekurangan cukup banyak.

Direktur Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama, Imam Syafei menyebut, jumlah total guru agama Islam sekolah swasta mencapai 189 ribu guru, sedangkan di sekolah negeri mencapai 125 ribu guru. Namun angka tersebut masih kurang 26 ribu lantaran jumlah kebutuhan guru agama Islam memang tinggi, dibandingkan kuota yang ada saat ini.

Imam mengakui, hari ini ada rapat pembahasan penambahan guru agama Islam. Namun pihaknya enggan merinci lebih jelas, mekanisme yang akan dilakukan untuk menambah kekurangan guru agama Islam yang dirasa cukup vital.

Secara lebih detail, angka kekurangan guru agama Islam terjadi di hampir seluruh daerah di Indonesia. Meski begitu, untuk mengisi kekosongan kuota guru agama Islam, pihaknya memiliki strategi yang baru dimulai pada tahun ini. Yakni mengirimkan 45 guru agama Islam ke daerah tertinggal, dan pedalaman. Jika upaya ini berhasil maka akan dilanjutkan pada tahun berikutnya, dengan kuota yang lebih besar.(end)

Berita Terkait


Kemenag Butuh 26 Ribu Guru Agama Islam

Jawa Timur Kekurangan 7 Ribu Guru Agama Islam


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber