Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Kurang Perhatian Sebabkan Remaja Rentan Stres dan Menyiksa Diri Sendiri
Kamis, 13-09-2018 | 06:15 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Remaja perkotaan rentan mengalami stres akibat tidak bisa menyelesaikan masalah. Ini pula yang menyebabkan puluhan siswa SMP Negeri 56 Surabaya mengikuti blue whale challenge dengan cara menyakiti diri sendiri melalui menyilet anggota tubuh.

Andik Matulessy, pengamat psikologi pendidikan Universitas 17 Agustus membenarkan bahwa umumnya korban blue whale challenge adalah remaja di bawah usia 21 tahun.

"Remaja di usia tersebut rentan mengalami stres namun tidak bisa menyelesaikan masalah sendiri, sehingga melampiaskan pada cara yang salah. Di antaranya, mengikuti permainan blue whale challenge, yakni permainan menyakiti diri sendiri. Step paling dasar dimulai dari menggambar anggota tubuh menggunakan benda tajam dan step terparah yakni ke - 50 bisa mengajak seseorang untuk melakukan bunuh diri," kata Andik Matulessy, pengamat psikologi pendidikan Untag.

Andik menyebut, perlu peran keluarga hingga psikolog untuk mengajak korban blue whale challenge agar tidak terlalu jauh mengikuti permainan yang seolah seperti nyata. Di antaranya membatasi penggunaan media sosial, yang dinilai menjadi pintu gerbang akses informasi yang tidak terbatas. Jika disalahgunakan, bisa berakibat pada hal-hal yang tidak diinginkan.(end)

Berita Terkait


Kurang Perhatian Sebabkan Remaja Rentan Stres dan Menyiksa Diri Sendiri

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber