Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Terampil, Para Pemuda Perajin Aksesoris Berbahan Kayu
Kamis, 13-09-2018 | 05:17 wib
Oleh : Achmad Syarwani
Nganjuk pojokpitu.com, Kayu tidak hanya menjadi bahan dasar dalam sebuah bangunan rumah. Bila berada di tangan orang yang kreatif, maka kayu bisa jadi berbagai karya seni menarik. Salah satunya yang dilakukan oleh sejumlah pemuda di Nganjuk, yang membuat kerajinan sovenir berbahan dasar kayu, seperti pigora, jam dinding dan berbagai sovenis cantik lainnya.

Sekelompok pemuda di Desa Banjaranyar Kecamatan Tanjunganom, Kebupaten Nganjuk, menekuni membuat karya seni dari bahan dasar kayu. Usaha yang baru dirintis bulan Agustus 2017 ini, di motivasi oleh Muhamad Kholid Ismatullah.

Pemuda jebolan Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya itu, memulai usahanya berawal dari hobi dan coba - coba membuat sovenir sebagai hadiah kepada rekannya.

Hingga ia kini ia memiliki enam orang karyawan dalam membantu pekerjaannya. Karya yang telah dihasilkan banyak disukai orang, maka bersama temannya, ia membuat sovenir berbahan dasar kayu. "Kayu lebih awet dan terkesan lebih alami serta banyak diminati orang. Selain itu, mereka dapat membelinya dekat dengan lokasi bengkel seni kayu," tutur Muhammad Kholid Ismatullah, perajin kayu.

"Dalam sehari, kami dapat menghasilkan 3 biji jam dinding berbahan dasar kayu, dan sekitar 5 gantungan kunci. Di bengkel seni kayu ini masing-masing mempunyai tugas atau keahlian. Di antaranya ada yang memotong kayu, sablon, packing dan ekspedisi," paparnya lagi.

Hasil karya mereka ditawarkan dengan harga bervariasi mulai Rp 3.000 sampai dengan Rp 8.000, sedangkan untuk hiasan dinding Rp 45.000 sampai dengan Rp 120.000, dan Rp 60.000 sampai dengan Rp 100.000 untuk model jam.

Selain itu, dengan cara online atau datang langsung ke tempat pengrajin, pangsa pasar para pemuda desa ini tidak saja hanya tersebar di seluruh Indonesia, namun juga merambah keluar negeri. Seperti Chikago, Singapura dan Hongkong.

Mereka juga terampil untuk alat yang digunakan, seperti dinamo pompa air diubah menjadi mesin potong dan amplas dan mesin gerinda diubah menjadi gergaji mesin.

Sementara itu, hasil karya mereka di antaranya lukisan, gantungan kunci, jam, dan lain-lain, yang semuanya berbahan dasar kayu.

Karya mereka juga telah memenangkan perlombaan pengurus wilayah IPNU Jawa Timur, dalam lomba inovasi sektor ekonomi kreatif, dengan dibuktikan teropi dan piagam. (end)

Berita Terkait


Terampil, Para Pemuda Perajin Aksesoris Berbahan Kayu

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber