Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Koperasi Pengimpor Kedelai Kekurangan Modal
Senin, 10-09-2018 | 22:12 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Berawal dari kesulitan mendapatkan kedelai dengan harga yang murah untuk para perajin tempe dan tahu, sebuah koperasi yang beranggotakan 200 lebih perajin tempe dan tahu mampu mengimpor kedelai sendiri.

Bermodalkan iuran pokok Rp 100 ribu untuk setiap 215 anggota koperasi pada tahun 1998 lalu, ditambah bantuan dari bank, pada tahun 2017 lalu, koperasi ini memberanikan diri untuk impor kedelai. Koerasi berhasil mengimpor dua kali sebanyak 123,4 ton kedelai dari Amerika dan 20,8 ton dari Kanada.

Menurut Sukari, Ketua Koperasi Karya Mulya Desa Sepande Kecamatan Candi Sidoarjo, selalu ramai dari pembeli. Setiap harinya selalu menjadi jujugan para perajin tempe dan tahu khususnya di kawasan Sidoarjo.

"Dalam sehari, koperasi ini mampu menghabiskan 9 hingga 10 ton kedelai untuk menjadi bahan baku utama pembuatan tempe dan tahu. Namun siapa sangka, saat ini koperasi kesulitan mendapatkan kedelai yang baik dan murah," kata Sukari.

Koperasi Karya Mulya satu-satunya di Indonesia yang memiliki ijin impor kedelai secara mandiri ini, sangat terdampak Dollar menguat.

Meski mendapatkan keuntungan, koperasi ini tak lagi dapat kembali mengimpor kedelai dengan jumlah besar. Sebab harus mengembalikan modal yang telah dipinjamnya dari bank, dan kembali membeli dari para distributor atau importir kedelai.

Menurut Maruf salah satu perajin tempe, dirinya sangat mengandalkan koperasi ini, untuk dapat mendapatkan stok kedelai. Sebab harga murah dibandingkan harga di pasaran.

Para perajin tahu dan tempe berharap besar untuk dapat mendapatkan bantuan dana, untuk kembali melakukan import kedelai. Sehingga dapat mengantisipasi melonjaknya harga kedelai dipasaran seiring naiknya dollar. (pul)



Berita Terkait


Jawa Timur Masih Membutuhkan 207 ribu Ton Kedelai dan Bawang Putih

Harga dan Pasokan Kedelai Impor di Kabupaten Ngawi Stabil

Harga Kedelai Lokal di Pasar Besar Ngawi Turun

Koperasi Pengimpor Kedelai Kekurangan Modal


Perajin Tahu Kediri Mengeluh Kenaikan Harga Kedelai Import

Harga Kedelai Naik Membuat Pengusaha Tahu Merugi

Dolar AS Naik, Harga Kedelai Juga Ikut Naik

Meski Dolar Naik, Harga Kedelai Impor Masih Stabil
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber