Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Kasi Pupuk Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri, Slamet. Foto: Muhammad Zainurofi
Dinas Pertanian dan Kabupaten Kediri Data Penyediaan Pupuk Bersubsidi
Senin, 10-09-2018 | 00:13 wib
Oleh : Unggul Dwi Cahyono, Muhammad Zainurofi
Kediri pojokpitu.com, Jumlah kebutuhan pupuk yang diinginkan petani masih jauh dari total alokasi penyediaan pupuk bersubsidi yang disediakan pemerintah, terkait hal ini Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri, melakukan pendataan langsung di lapangan. Nantinya, akan segera mengusulkan tambahan alokasi bila memang ada kekurangan dalam implementasinya.

Pada tahun ini, pemerintah menggelontorkan pupuk bersubsidi sesuai dengan plafon kebutuhan pada tahun 2017 kemarin, meskipun demikian dari jumlah permintaan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) pada tahun 2018, ada kenaikan yang cukup signifikan.

Oleh karenanya, masih ada selisih lebar antara kebutuhan dengan alokasi. Seperti di Kabupaten Kediri misalnya, untuk pupuk jenis urea masih ada selisih sekitar 12 ribu ton, pupuk sp36 sebanyak 12 ribu ton, kondisi ini juga terjadi untuk jenis ZA, NPK, maupun petroganik.

Kasi Pupuk Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri, Slamet mengatakan, pihaknya terus memantau di lapangan terkait jumlah pupuk secara riil. Mengingat, selama ini pola tanam petani berubah-ubah, pihaknya memberi contoh, dalam perencanaan petani hanya menanam padi, ternyata di lapangan menanam holtikultura.

"Hal ini secara otomatis akan mempengaruhi jumlah kebutuhan pupuk. dengan kondisi tersebut kekurangan pasokan masih aman, apalagi sekarang musim kemarau, dimana para petani lebih condong menanam holtikultura, yang notabene pemakaian pupuk lebih minim," jelas Slamet.

lebih lanjut Slamet, menuturkan, terkait adanya keluhan petani yang mana pada saat dibutuhkan, justru pupuk menghilang, hal itu bukan kewenangan dari dinas terkait. Mengingat, proses distribusi telah dilakukan oleh masing-masing kios.
Meskipun demikian, Dinas Pertanian memberikan peringatan kepada kios agar menyediakan stok yang dibutuhkan selama sepekan. Hal ini guna menghindari kosongnya stok saat dibutuhkan. (yos)

Berita Terkait


Pupuk Bersubsidi Urea Langkah, Petani Mengeluh

Polisi Amankan Puluhan Sak Pupuk Bersubsidi yang Ditimbun

Jelang Musim Tanam, Ketersediaan Pupuk Bersubsidi di Bojonegoro Aman

Petrokimia Siapkan Pupuk Bersubsidi 4 Kali Lipat Dari Ketentuan


Blokir Dibuka, Pupuk Bersubsidi Mulai Didistribusikan ke Ribuan Petani Tanggung Gunung

Petrokimia Siapkan Pupuk Bersubsidi 4 Kali Lipat Dari Ketentuan

Dinas Pertanian dan Kabupaten Kediri Data Penyediaan Pupuk Bersubsidi

Pengemudi Truk Pupuk Bersubsidi Ditetapkan Tersangka
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber