Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Siap jadi Anggota DPRD Kota Malang, Sudah Beli Kebaya
Minggu, 09-09-2018 | 05:33 wib
Oleh :
Malang pojokpitu.com, Pelantikan anggota DPRD Kota Malang hasil pergantian antarwaktu (PAW) akan dilakukan Senin (10/9) besok. Mereka yang akan dilantik terlihat sibuk dalam dua hari belakangan.

Salah seorang calon anggota dewan hasil PAW asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Ike Krisnawati, mendatangi gedung DPRD bersama calon lain.

Ike akan menggantikan Syahrawi Yazid yang menjadi tersangka penerimaan suap pembahasan rancangan APBD Perubahan (APBDP) Kota Malang 2015. "Sebenarnya sudah dikasih tahu sama partai sebelum ramai-ramai ini. Tapi, saya lupa kapan," ujarnya.

Ike masih ingat, pada Kamis (6/9) dirinya dikirimi pesan singkat oleh salah seorang wakil ketua partai untuk membawa berkas. Ya, berkas itu terkait dengan PAW untuknya yang sudah disampaikan partai sebelumnya.

"Saya di-WhatsApp Pak Damanhuri (wakil ketua DPC PKB Kota Malang, Red), disuruh bawa berkas ke gedung dewan," bebernya.

Mulai SKCK, surat keterangan tidak tersangkut tindak pidana, dan semacamnya. Ike kemudian menyerahkannya ke pengurus partai untuk diakomodasi. Semua prosesnya, lanjut dia, sudah diurus langsung oleh partai.

"Ya hanya menyerahkan. Terus duduk di ruang satgas dan dikasih pengarahan bahwa PAW akan dilakukan sesegera mungkin," ucapnya.

Ike mengaku sudah siap sejak awal saat diberi tahu akan menjadi anggota dewan hasil PAW oleh partainya. Seperti apa persiapannya? Ike sudah punya kebaya baru. "Saya sudah beli kebaya. Nanti datangnya ya sama keluarga besar (saat pelantikan Senin, Red)," pungkasnya.

Diketahui, PAW anggota DPRD Kota Malang berlangsung lain dari yang lain. Sejarah sudah pasti akan mencatatnya sebagai PAW yang paling cepat proses penentuannya. Jika biasanya butuh waktu minimal 27 hari untuk mengurus berkas hingga pelantikan, di Kota Malang malah kurang dari seminggu, 41 anggota dewan baru sudah bisa dilantik. PAW dipercepat dengan tujuan mencegah kekosongan kekuasaan legislatif di Kota Malang.

Setelah penetapan sebagai anggota DPRD hasil PAW, pada Senin (10/9) Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo akan melantik mereka di gedung DPRD Kota Malang, Jalan Tugu 1A, Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen.

Karena itu, pengurusan syarat dan administrasi dilakukan di help desk yang dibentuk. Pemprov Jatim membentuk satgas PAW yang mengantor di gedung dewan untuk mempermudah proses pemberkasan.

Di ruang rapat internal lantai 3 gedung DPRD Kota Malang, suasana terlihat seperti ruang pelayanan satu atap. Ada polisi, komisioner KPU, Bawaslu, dan pihak terkait lain, termasuk bagian hukum pemprov. Hal itu dilakukan untuk mempermudah pengurusan. Sebab, seperti yang disepakati para pimpinan partai, Senin lusa sudah dilakukan pelantikan anggota dewan baru hasil PAW.

Satgas PAW diketuai langsung oleh Gubernur Soekarwo. Anggota satgas sudah mengantor dan melayani calon anggota DPRD hasil PAW. Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Jatim Benny Sampirwanto mengatakan, agenda besar Pemkot Malang yang bersinggungan dengan DPRD harus segera tuntas secara administrasi.

Menurut dia, sudah terjadi satu visi antara gubernur dan pimpinan partai saat bertemu di Surabaya. "Seperti APBDP 2018 dan APBD 2018, karena kalau terlambat, akan ada sanksinya," ujar dia kemarin.

Benny menyebutkan, langkah cepat itu merupakan respons yang luar biasa dari semua pihak, terutama pimpinan partai. Help desk PAW yang kini dia laksanakan ditarget tuntas Sabtu hari ini.

"Semua organ yang berkepentingan dalam proses PAW duduk bersatu di ruangan ini. Jadi, yang biasanya ngurus satu bulan jadi tiga hari. Dalam tanda kutip ini darurat," tambahnya. (jaf/mas/c9/agm)



Berita Terkait


Laode M. Syarif: DPRD Kota Malang Aset Besar Dalam Pemberantasan Korupsi

KPK Tuntut Mantan Sekda Malang Hukuman 3 Tahun Penjara

Terbukti Korupsi, Rendra Kresna Divonis 6 Tahun Penjara

10 Mantan Anggota DPRD Kota Malang Divonis 4 Tahun


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber