Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan perselisihan hasil pemilihan Pilkada Kabupaten Sampang, dilakukan?pemungutan ulang.?Foto: Iman Pujiono
Breaking News: MK Putuskan Pilkada Sampang Diulang
Rabu, 05-09-2018 | 18:00 wib
Oleh : Iman Pujiono
Berita Video : Breaking News: MK Putuskan Pilkada Sampang Diulang
Jakarta pojokpitu.com, Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan perselisihan hasil pemilihan Pilkada Kabupaten Sampang, dilakukan pemungutan ulang. Mahkamah Kontitusi menilai jumlah DPT antara pemilihan bupati Kabupaten Sampang dengan DPT pemilihan gubernur Jawa Timur, tidak sama.

Selain diputus oleh 9 hakim konstitusi yang di ketuai oleh Hakim Kosntitusi Anwar Usman. MK juga memerintahkan untuk melakukan pemilihan ulang dengan tengang waktu 60 hari sejak diputuskan.

Pihak KPU Sampang, Miftahul Rozak, yang hadir dalam sidang putusan ini, mengatakan jika ia akan menjalankan perintah MK untuk melakukan pemilihan ulang.

"Untuk itu KPU akan berkordinasi dengan KPU Jawa Timur dan KPU RI," jelas Miftahul Rozaq.

Sementra, M. Sholeh, kuasa hukum pemohon, mengatakan, mengapresiasi putusan MK dan ia berharap KPU Sampang segera melakukan pilkada ulang di sampang.

Sengketa hasil Pilbup Sampang 2018 diajukan oleh pasangan calon bupati dan wakil bupati sampang Hermanto Subaidi-Suparto. Pada 27 Juni, pasangan itu meraup 252.676 suara atau berselisih 4.445 suara dari pasangan Slamet Junaidi-Abdullah Hidayat, yang meraih 257.121 suara.

Hermanto-Suparto menuding suara yang diraup kontestan peraih suara terbanyak berasal dari pelanggaran secara terstruktur, sistematis, dan masif.  Bentuk pelanggaran itu seperti partisipasi 100% pemilih di tempat pemungutan suara, DPT ganda, hingga ketidaknetralan penyelenggara pemilu. (yos)

Berita Terkait


Breaking News: MK Putuskan Pilkada Sampang Diulang

MK Gelar Sidang Perdana Hasil Pilkada Sampang

Ribuan Massa Mantap Kepung Kantor Panwaslu, Selanjutnya Rusuh

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber