Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Kegiatan "Nyekar" ke Pendiri Perguruan Silat Dilaksanakan di Daerah Masing-Masing
Selasa, 04-09-2018 | 02:24 wib
Oleh : Kriswanto
Madiun pojokpitu.com, Pemerintah Kota Madiun serta Polres Madiun Kota sepakat dengan Paguyuban Pencak Silat Madiun dalam kegiatan di bulan Muharram 1440 Hijiriah atau Bulan Suro. Komitmen pelaksanaan kegiatan Suro yang damai tidak hanya diterapkan bagi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), juga seluruh perguruan pencak silat di Madiun. Kegiatan Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda, yakni Suran Agung juga ditiadakan.

Kegiatan "Nyekar" atau ziarah makam para pendiri perguruan pencak silat memperingati 1 Muharram 1440 Hijriyah atau 1 Suro dihimbau untuk dilaksanakan di daerahnya masing-masing. Masyarakat tidak diperkenankan berbondong-bondong ke Kota Madiun dengan mobilisasi massa.

Hal itu ditekankan oleh Kapolres Madiun Kota, AKBP Nasrun Pasaribu dalam pertemuan bersama jajaran forkopimda, pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Madiun dan pengurus perguruan pencak silat di Madiun.

Kapolres menekankan pembatasan kegiatan peringatan 1 Suro tidak hanya berlaku bagi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), namun seluruh perguruan pencak silat di Madiun. "Kegiatan Suran Agung yang dilaksanakan Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda juga untuk ditiadakan. Meski begitu, personil keamanan akan tetap disiagakan," tutur AKBP Nasrun Pasaribu.

Sementara itu, Wakil Walikota Madiun, Armaya menjelaskan komitmen tersebut harus disosialisasikan hingga ke tingkat bawah baik ranting maupun rayon masing-masing perguruan pencak silat. "Bagi warga perguruan pencak silat pun diminta untuk menghormati kesepakatan tersebut," tegas Armaya.(end)

Berita Terkait


Kegiatan "Nyekar" ke Pendiri Perguruan Silat Dilaksanakan di Daerah Masing-Masing

Untuk Sementara, Tradisi Nyekar Bulan Suro Ditiadakan

Jelang Hari Raya, Berdoa dan Sekar Warnai Aktifitas Warga

Tradisi Nyekar Jelang Ramadhan, Penjualan Bunga Meningkat


Sejumlah Aktivis Perempuan Nyekar ke Makam Munir

Ketua Umum Gerindra Prabowo Nyekar ke Makam Pendiri NU

Kegiatan "Nyekar" ke Pendiri Perguruan Silat Dilaksanakan di Daerah Masing-Masing

Ritual Nyadran Atau Nyekar Ke Makam Leluhur Di Suku Tengger

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber