Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

CATAT! Guru Zaman Now Harus Menguasai HOT
Senin, 03-09-2018 | 04:17 wib
Oleh :
Jakarta pojokpitu.com, Pengamat Pendidikan Indra Charismiadji mengungkapkan penerapan mata pelajaran (mapel) informatika akan terganjal bila guru dan fasilitasnya tidak mendukung. Walaupun saat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) banyak SMP dan SMA yang menjadi penyelenggaranya tapi bukan berarti fasilitasnya ada. Faktanya banyak sekolah yang meminjam komputer di sekolah lain.

Begitu juga dengan kualitas guru. Dulu ada mapel TIK (teknologi informasi dan komunikasi) tapi isinya sangat berbeda dengan informatika. TIK hanya mengajarkan bagaimana siswa menggunakan komputer. Sekarang mapel informatika mengajarkan siswa bagaimana membuat aplikasi dan berpikir HOTS (high order thinking skills).

"Guru-guru kita harus belajar dan mengembangkan diri karena sekarang sudah jadi zamannya internet of thinking. Jadi bukan hanya siswa yang harus berpikir computational thinking, gurunya juga harus mengubah mindset-nya. Guru zaman now harus kuasai HOTS," beber Indra di depan guru-guru TIK se-Indonesia.

Yang jadi pekerjaan bersama, menurut Indra, adalah bagaimana menyiapkan anak-anak menghadapi era computational thinking. Tidak usah jauh-jauh ke daerah Papua yang akses internetnya susah. Di Jakarta saja ada daerah yang sangat minim fasilitas internetnya.

"Yang harus disiapkan pemerintah adalah bagaimana mendesain program ini ke depan. Dan, harus diingat Informatika bukan mengajarkam anak jadi programmer komputer. Tujuan utamanya adalah menjadikan anak berpikir HOTS," tegas Indra.(esy/jpnn/yos)

Berita Terkait


Ibu Guru Tewas Dirampok, Diduga Korban Tewas Akibat Cekikan

Guru SDN Kombinasikan Antara Materi Pelajaran dan Permainan

Apresiasi Guru Dengan Beri Puluhan Emas Batangan

Dewan Minta Pemkot Cairkan Rp 81 Miliar Untuk Gaji Guru Standart UMK


Pengurus Surabaya Interculture School Polisikan Pembina dan Pengawasnya

Catat, Sekarang Ngurus SIM Bisa Diamana dan Kapan Saja

Pasca Terbakar, Pengurus Klenteng Langsung Bertemu Walikota Probolinggo

Sadis, Guru SD Honorer Ditangkap Sebab Bikin Ujaran Bunuh Jokowi

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber