Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Pelelangan kotak suara ini dilakukan, mengingat, pada pilpres mendatang, akan menggunakan kotak suara transparan. Foto Unggul
Ada Perubahan Bentuk, KPU kediri Segera Lelang Kotak Suara
Minggu, 02-09-2018 | 00:15 wib
Oleh : Unggul Dwi Cahyono, Muhammad Zainurofi
Kediri pojokpitu.com, Komisi Pemilihan Umum Kota Kediri segera melelang seribu lebih kotak suara yang tersimpan di dalam gudang. Barang tersebut biasa digunakan untuk pemilihan umum, maupun Pilkada.

Kotak suara masih tersimpan di gudang belakang Kantor Komisi Pemilhan Umum (Kpu) Kota Kediri. Hingga kini KPU masih menunggu surat edaran dari KPU pusat untuk melelang sebanyak 2.722 kotak suara, yang merupakan hasil pengadaan pada tahun 2004.

Kondisi kotak suara di gudang sebenarnya masih layak pakai, mengingat dalam setiap tahun ada biaya untuk perawatan. Meskipun demikian keberadaan benda tersebut segera dihapus, alasannya, pada pemilihan presiden dan Pileg mendatang menggunakan kotak suara transparan. Cirinya, pada bagian depan bisa terlihat surat suara oleh para pemilih.

Komisioner KPU Kota Kediri Bidang Logistik, Mohammad Wahyudi mengatakan, ketika sudah ada surat edaran dari KPU pusat, maka diajukan ke KPKNL  termasuk lelangnya. Untuk proses lelang kemungkinan bisa terbagi dua, mengingat, ada sebagian kotak suara yang didalamnya terdapat surat suara pemilihan Walikota Kediri kemarin. "Kami tidak bisa melalang, sebelum adanya pelantikan, pada Juni 2019 nanti," kata Wahyudi.

Sementara itu, pada proses pemilihan umum serentak, baik legislatif maupun presiden, kini KPU telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sebanyak 201.641 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan menyediakan 947 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 3 kecamatan. (pul)




Berita Terkait


Kotak Surat Suara Mulai Dikembalikan ke Gudang KPU

Puluhan Ribu Bekas Kotak Suara Akan Dilelang

Proses Pengiriman Kotak Suara dan Surat Suara Hari Ini Selesai

Sembilan Kotak Suara Rusak Dimakan Rayap


KPU Ngawi Kirim Kotak Suara Dengan Perahu

Puluhan Segel Kotak Suara Ditemukan Rusak

Sembilan Kotak Suara Rusak Dimakan Rayap

KPU Lumajang Ganti Kotak Surat yang Rusak

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber