Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Foto ilustrasi dok pojokpitu.com
Ini Manfaat Diet Seimbang Bagi Tubuh
Kamis, 30-08-2018 | 19:33 wib
Oleh :
Jakarta pojokpitu.com, Siapa saja pasti ingin memiliki tubuh bugar dan ideal. Anda juga, bukan? Untuk mewujudkan ini, salah satu tindakan yang wajib Anda terapkan adalah diet seimbang.

Fakta menyebutkan, diet seimbang terbukti bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menurunkan berat badan ke rentang normal. Di samping itu, diet seimbang juga efektif untuk menurunkan risiko penyakit seperti obesitas dan penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Mengenal diet seimbang

Pada prinsipnya, diet seimbang merupakan penerapan pola konsumsi yang terdiri dari kombinasi makanan dengan komposisi seimbang dan beragam. Mulai dari sumber karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin, mineral, serat, dan air.

Menurut British Dietetic Association, pola konsumsi pada diet seimbang adalah: karbohidrat 45-65 persen, protein 10-20 persen, dan lemak 25-35 persen.

1. Karbohidrat

Jenis karbohidrat yang dikonsumsi dalam pola diet seimbang (balanced diet) adalah karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat ini mengandung serat tinggi, sehingga memberikan sensasi kenyang yang lebih lama.

Contoh dari karbohidrat kompleks adalah gandum utuh, serealia, oat, sayur dan buah-buahan.

2. Protein

Jenis protein yang dianjurkan untuk dikonsumsi dalam diet seimbang adalah protein nabati dan lean protein, seperti daging tanpa lemak, polong-polongan, tahu, susu rendah lemak, kedelai, ikan, dan putih telur.

3. Lemak

Dalam penerapan pola diet seimbang, Anda diharuskan untuk mengganti konsumsi lemak jenuh menjadi lemak tidak jenuh. Selain itu, Anda juga perlu menghindari konsumsi trans fat.

Misalnya, menghentikan konsumsi ikan goreng dan menggantinya dengan ikan rebus atau kukus.

Bagaimana dengan jenis makanan lainnya, seperti makanan yang tinggi gula, tinggi garam, atau tinggi lemak jenuh? Makanan tersebut dikategorikan dalam jenis makanan yang sebaiknya dihindari.

Ini berarti, jika ingin tubuh bugar dan ideal, Anda perlu menjauhi biskuit, kue, sosis, bakso, susu dengan perasa manis, es krim, cokelat, gorengan, keripik, minuman berpemanis dan beralkohol.

Sebab, makanan dan minuman tersebut akan diubah menjadi lemak di tubuh apabila dikonsumsi berlebih, sehingga dapat meningkatkan berat badan dan risiko penyakit di kemudian hari.(NB/RVS/klikdokter)

Berita Terkait


Apakah Remaja Perlu Diet Karbo?

Avocado Smoothies, Cemilan Sehat Bagi Yang Sedang Diet

Mau Diet? Jangan Lupa Olahraga

Inilah Jenis Diet ini Tepat untuk Penderita Asam Urat


Mau Diet? Jangan Lupa Olahraga

Inilah Jenis Diet ini Tepat untuk Penderita Asam Urat

Ini Manfaat Diet Seimbang Bagi Tubuh

Inilah Manfaat Diet Vegetarian untuk Jantung

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber