Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Setelah dibuka, majelis hakim yang dipimpin oleh Abjudin Widyas Nursanto, Ketua Bawaslu Kabupaten Ngawi, langsung meminta kedua pihak untuk menyerahkan bukti dan menghadirkan saksi. Foto: Herpin Pranoto
Partai Berkarya Berpeluang Memulihkan Dapil Hangus
Kamis, 30-08-2018 | 06:10 wib
Oleh : Herpin Pranoto
Ngawi pojokpitu.com, Bawaslu Kabupaten Ngawi, menggelar sidang adjudikasi kedua untuk penyelesaian sengketa pemilu legislatif, antara dewan pimpinan daerah Partai Berkarya dengan KPU setempat. Partai Berkarya Berpeluang memulihkan dua dapilnya, karena menggunakan strategi asas hierarki dan menggunakan yurisprudensi Bawaslu Republik Indonesia, untuk perkara serupa.

Setelah dibuka, majelis hakim yang dipimpin oleh Abjudin Widyas Nursanto, Ketua Bawaslu Kabupaten Ngawi, langsung meminta kedua pihak  untuk menyerahkan bukti dan menghadirkan saksi. Pemohon, ketua DPD Partai Berkarya Ngawi, menghadirkan 2 saksi.

Sedangkan termohon , ketua KPU Kabupaten Ngawi, juga menhadirkan 2 saksi. Keempat saksi, kemudian menjalani sumpah, untuk memberikan keterangan dengan benar dan sebenarnya.

Sidang adjudikasi kedua ini berlangsung sengit karena kedua pihak yang bersengketa saling beradu argumen, untuk mempertahankan pendapatnya. Partai Berkarya, berpendapat bahwa hangusnya daerah pemilihan 1 dan daerah pemilihan 5 masih bisa dipulihkan.

Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten ngawi, Muhammad Nurhuda Ariyanto, menjelaskan, hasil persidangan tersebut Partai Berkarya berpeluang memulihkan daerah pemilihan yang hangus, sebelum penetapan daftar calon tetap. 

"Partai Berkarya bisa melakukan perbaikan administrasi caleg perempuan, dari dapil 1 dan dapil  5 yang dicoret sehingga memenuhi syarat kuota perempuan," kata Muhammad Nurhuda Ariyanto.

Ketua KPU Kabupaten Ngawi, Syamsul Wathoni, menyatakan akan menerima dan melaksanakan semua keputusan majelis hakim.

Keputusan hasil sengketa proses pemilu legislatif, antara DPD Partai Berkarya Ngawi dengan KPU Kabupaten Ngawi, akan diputuskan Bawaslu Kabupaten Ngawi pada sidang adjudikasi ketiga. (yos)

Berita Terkait


Sakit Hati Tidak Digaji, Dua Pekerja Kantor Partai Berkarya Ikut Lancarkan Aksi Pembobolan

Partai Berkarya Berpeluang Memulihkan Dapil Hangus

Partai Berkarya, Terakhir Serahkan Berkas Perbaikan Bacaleg di KPU Bangkalan


KPU Ngawi Digugat PBB dan Partai Berkarya

Partai Berkarya, Terakhir Serahkan Berkas Perbaikan Bacaleg di KPU Bangkalan

Kunjungi Ponpes, Tommy Yakin Partai Berkarya Ikut Pemilu 2019

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber