Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Tradisi bersih desa dilakukan dengan cara berbeda oleh masyarakat Kabupaten Bojonegoro tiap tahunnya. Foto: Avrizal Ilmi
Warga Desa di Bojonegoro Gelar Tradisi Manganan Bersih Desa
Rabu, 29-08-2018 | 21:20 wib
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Tradisi bersih desa terus dilakukan berbagai desa di Kabupaten Bojonegoro, tradisi turun temurun sejak ratusan tahun ini bertujuan untuk mensyukuri limpahan rezeki dan keselamatan yang diberikan oleh tuhan terhadap warga di desanya. Warga juga berbondong-bondong membawa makanana hasil bumi, untuk dimakan bersama sebagai simbol kerukunan desa setempat.

Tradisi bersih desa dilakukan dengan cara berbeda oleh masyarakat Kabupaten Bojonegoro tiap tahunnya, tradisi yang biasa disebut dengan manganan ini, warga desa berkumpul dengan membawa berbagai makanan atau hasil bumi untuk melakukan ritual sedekah bumi.

Sebelumnya warga melakukan tahlilan yang ditujukan kepada leluhur, yang konon cerita menyenarkan agama Islam di daerah Bojonegoro dan sekitarnya.

Ratusan warga Desa Tinawun Kecamatan Malo Bojonegoro, berkumpul disalah satu tempat keramat di area lokasi makam yang dikeramatkan. Masayarakat setempat menyebutnya sebagai makam Syeh Zakaria.

Keplada Desa setempat, Abdul Kharim, menjelaskan, ritual adat inipun digelar setiap setahun sekali dan sudah menjadi tradisi masyarakat Desa Tinawun. 

"Tradisi manganan ini memiliki filosafi dalam tentang kebersamaan dan kegotong-royongan dan terdapat nilai- nilai luhur, tentang budi perkerti yang diyakini masyarakat setempat," jelas Abdul Kharim.

Diharapkan dengan tradisi ini bisa mensyukuri nikmat tuhan yang maha esa dan menyambung silaturahmi yang di percaya desa setempat. (yos)




Berita Terkait


Keboan Aliyan, Tradisi Agraris Desa di Banyuwangi Agar Panen Berlimpah

Tradisi Ojung Ritual Minta Hujan

Bersih Kampung, Kasur dan Tumpeng Hiasi Jalanan Desa Adat Kemiren Banyuwangi

Rebutan Tumpeng Dumbek Warnai Ritual Sedekah Bumi


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber