Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Sumenep Siap Sambut Perhelatan FKMA ASEAN
Rabu, 29-08-2018 | 06:22 wib
Oleh :
Surabaya pojokpitu.com, Persiapan menyambut Festival Keraton dan Masyarakat Adat (FKMA) ASEAN terus dikebut. Pemerintah Kabupaten Sumenep terus menata infrastruktur serta produk lokal unggulan.

FKMA ini sudah kelima kali digelar. Bulan Oktober mendatang, perhelatan yang melibatkan daerah-daerah adat keraton tingkat ASEAN ini akan dipusatkan di Sumenep. Ada sekitar 4 ribu peserta dari 73 keraton di Negara ASEAN yang akan hadir.

"Persiapan infrastruktur maupun lokasi acara terus kami selesaikan untuk menyambut peserta," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumenep, Saiful Bahri.

Beberapa lokasi wisata yang dimiliki daerah yang dikenal dengan sebutan Kota Keris Ujung Timur Madura ini, kian dipercantik. Diantaranya, Istana Asta Tinggi, Pantai Sembilan hingga pulau dengan kandungan oksigen terbaik didunia Pulau Gili Iyang diharapkan mampu menarik 1,5 juta wisatawan asing.

Disis lain, menurut Sabar - Sapaan Saiful Bahri - produk khas lokal masyarakat Sumenep juga akan digalakkan. Khususunya produk makanan yang menjadi ikon yang sudah dikenal di wilayah Madura maupun nusantara.

Ditemui seusai membuka pelatihan IKM Sumenep bersama Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) dan Inopak Institutte di Hotel C1, Selasa (28/8). Sabar menyatakan produk-produk unggulan masyarakat Sumenep terus ditingkatkan. "Termasuk pelatihan yang digelar ini. Salah satu tujuan untuk perhelatan tersebut," kata dia.

Ia menambahkan, dengan adanya pelatihan berbasis kompetensi tersebut setidaknya turut menjadi stimulan positif bagi perindustrian dan perdagangan di Sumenep. Khsusunya produk IKM.

"Saya rasa ini positif ya. Untuk nantinya produk IKM Sumenep bisa bangkit dan dikenal tidak hanya nasional skalanya," kata Sabar.

Diketahui, FKMA ini sebelumnya digelar di Bandung, Jawa Barat tahun kemarin. Kali ini, perhelatan tersebut rencananya digelar di Sumenep, pada tanggal 27-31 Oktober 2018. Presiden RI Jokowidodo dijadwalkan hadir dan membuka agenda acara tersebut. (end)

Berita Terkait


Sumenep Siap Sambut Perhelatan FKMA ASEAN


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber