Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Para Barisata Muda Beradu Kemampuan di Festival Kopi Nusantara
Sabtu, 25-08-2018 | 11:17 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Berita Video : Para Barisata Muda Beradu Kemampuan di Festival Kopi Nusantara
Bondowoso pojokpitu.com, Puluhan barisata beradu kemampuan pada gelaran Festival Kopi Nusantara Bondowoso 2018. Kompetisi brewing dan roasting menjadi lomba paling diminati, sebagai ajang perkembangan tehnik mengolah dan menyajikan kopi terbaik.

Festival Kopi Nusantara Bondowoso 2018 bertempat di Alun-Alun Raden Bagus Assra. Para pegiat kopi dari berbagai daerah berkumpul. Di lokasi ini berjejer stan kopi dari berbagai wilayah nusantara, dengan aroma dan rasa khas masing-masing.

Selain pameran, terdapat berbagai kompetisi yang masih berkaitan dengan dunia kopi. Yakni lomba para barista muda meracik dan menyajikan kopi, proses roasting dan brewing mendapat antusias tinggi dari barista. Roasting merupakan proses sangrai, dan brewing adalah proses penyeduhan sehingga tercipta penyajian kopi terbaik bercita rasa maksimal.

Menurut Pranoto Soenarto salah satu juri, terdapat 81 peserta dalam brewing kompetition, dan 21 peserta mengikuti roasting kompetition. Barista yang ikut pun berasal dari berbagai kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Bandar Lampung, Bandung, Batang, Salatiga dan Mojokerto. Barista muda terlihat sangat lihai dengan bermacam teknik dalam merasik kopi.

"Kopi hasil racikan dinilai mulai hasil kopi sajian terbaik ditentukan sebagai pemenang, selanjutnya masuk ke babak berikutnya," kata Pranoto Soenarto.

Komoditi kopi sudah mulai menggeliat sejak dua tahun terakhir. Hal tersebut dibuktikan dengan antusias para kaum muda untuk ikut berkecimpung dalam dunia perkopian nusantara.

Festival kopi nusantara merupakan agenda tahunan pemerintah Kabupaten Bondowoso. Gelaran tersebut sebagai salah satu upaya mengokohkan julukan bondowoso sebagai repoblik kopi. (pul)

Berita Terkait


Profesi Barista Banyak Ditekuni Perempuan

Para Barisata Muda Beradu Kemampuan di Festival Kopi Nusantara

Kopi Cita Rasa Wine Beraroma Anggur, Racikan Barista Situbondo

Wuih! Gaji Barista di Selandia Baru Capai Rp 40 Juta


Kampung Kopi, Sajikan Kopi Ijen Raung Racikan Barista Profesional

Kopi Raja Salman Kreasi Barista Diminati Pelanggan

Bondowoso Gelar Kompetisi Barista Festival Kopi 2016

Kompetisi Barista Festival Kopi 2016
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber