Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Warga Surabaya Masih Buang Limbah Hewan Kurban ke Sungai Kalimas
Rabu, 22-08-2018 | 17:38 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Sungai Kalimas di sepanjang Jalan Raya Ngagel Surabaya mendadak dipadati warga. Mereka berbondong-bondong mencuci jeroan hingga membuang limbah hewan kurban di Sungai Kalimas. Bau kotoran ini, diakui warga tercium menyengat. Bahkan hingga satu minggu kemudian. Mencuci jeroan hewan kurban di Sungai Kalimas Jalan Raya Ngagel, menjadi pemandangan yang biasa bagi warga bantaran sungai.

Sebagian besar warga tersebut, berasal dari sisi timur bantaran Sungai Kalimas, seperti Pucangan, Pucang Sawit, dan Kalibokor.

Siang tadi terpantau warga silih berganti datang bergotong-royong membawa jeroan hewan kurban. Jeroan hewan kurban tersebut sengaja diangkut, baik menggunakan sepeda motor hingga becak.

Jeroan hewan kurban tersebut dicuci dan limbahnya dibuang begitu saja di bantaran Sungai Kalimas. Tak hanya limbah jeroan, bagian-bagian hewan kurban yang tidak bisa dimanfaatkan juga dilempar begitu saja ke sungai.

Naasnya, pemandangan kotoran hewan yang tertinggal, sisa-sisa jeroan hewan, dan karung tak terpakaipun menjadi pemandangan lumrah di setiap Hari Raya Idul Adha.

Warga bantaran Sungai Kalimas, mengeluh karena bau limbah jeroan hewan tersebut bisa bertahan hingga satu minggu kemudian. "Mencuci jeroan di sungai sebelumnya sudah dilarang karena memicu adanya pencemaran sungai, namun di tiga tahun terakhir, kebiasaan warga membuang limbah kotoran hewan ke sungai kambuh kembali tanpa adanya pengawasan," kata Mister, warga bantaran Sungai Kalimas.(end)





Berita Terkait


Warga Surabaya Masih Buang Limbah Hewan Kurban ke Sungai Kalimas


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber