Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Seribu lebih hewan kurban tersebut diperoleh pesantren Al-Ishlah dari komunitas muslim di negara tetangga yaitu Singapura. Sejak puluhan tahun lalu. Foto: Rizqi Setiawan
Hewan Kurban Warga Singapura Diperiksa Intensif Petugas Kesehatan
Selasa, 21-08-2018 | 16:00 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Sebanyak 24 ribu paket daging kurban warga Singapura dibagikan kepada masyarakat Bondowoso, melalui Pondok Pesantren Al Ishlah Dadapan. Mengantisipasi penyakit, puluhan petugas kesehatan hewan memeriksa seluruh hewan sebelum dan setelah penyembelihan.

Pondok Pesantren Al Ishlah Desa Dadapan Kecamatan Grujugan Bondowoso, merayakan hari raya idul adha pada Selasa pagi. Ratusan jamaah melaksanakan sholat ied bersama di lapangan pesantren, dilanjutkan memotong hewan kurban sebanyak 1.560 ekor kambing dan 110 ekor sapi.

Seribu lebih hewan kurban tersebut diperoleh pesantren Al-Ishlah dari komunitas muslim di negara tetangga yaitu Singapura. Sejak puluhan tahun lalu, muslim Singapura selalu mempercayai pesantren ini untuk mencari, menyembelih, dan membagikan daging kurban. Diperkirakan paket daging siap bagi akan mencapai 24 ribu bungkus.

Cendy Hediawan, Kabid Keswan Disperta Bondowoso, menjelaskan, mengantisipasi penyakit hewan, mengingat hewan-hewan ini berasal dari berbagai tempat. Petugas dari bidang kesehatan hewan dinas pertanian bondowoso, melakukan pemeiksaan intensif dan menyeluruh demi keamanan warga yang mengkonsumsi daging.

Pemriksaan dilakukan sebelum dan sesudah dipotong, setiap organ dalam hewan kurban diperiksa petugas.

"Hasilnya ditemukan beberapa hewan bercacing hati, namun hal ini tidak membahayakan, hati rusak selanjutnya dipisahkan agar tidak ikut terkonsumsi masyarakat penerima kurban," ujar Cendy Hediawan.

Pemotongan dan pembagian hewan kurban ini, dilaksanakan selama 3 hari. Dinas Pertanian menerjunkan 25 mentri hewan, para dokter hewan dan beberapa mahasiswa fakultas kedokteran hewan di lokasi. (yos)

Berita Terkait


Sidak Hewan Qurban, Ditemukan Kambing Sakit Flu dan Mata Serta Belum Cukup Umur

Sapi Seberat 1,132 Ton Juarai Kontes Hewan Qurban

Antisipasi Hewan Tidak Layak Qurban, Petugas Sidak Pasar Hewan

Pengepul Kulit Hewan Kurban Panen Untung


Empat Organisasi Wartawan Dapat Hewan Qurban Dari Partai Nasdem Jatim

Antisipasi Penyakit Antraxs, Dinas Pertanian Lakukan Pemeriksaan Hewan Qurban

Jalan Lingkar Timur Sidoarjo Jadi Pasar Hewan Qurban

Harga Hewan Qurban Naik

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber