Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Tak Setuju Perubahan Nama Jalan, Dua Pejuang Veteran Temui Soekarwo
Jum'at, 17-08-2018 | 18:13 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Tepat di hari perayaan Kemerdekaan Indonesia, dua pejuang veteran Tentara Republik Indonesia Pelajar, menemui Soekarwo di Gedung Grahadi setelah upacara kemerdekaan selesai dilaksanakan. Keduanya menyatakan protes atas keputusan perubahan nama sebagian Jalan Gunungsari yang menjadi bukti sejarah perjuangan dalam mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Penolakan perubahan nama sebagian Jalan Gunungsari menjadi Jalan Prabu Siliwangi, tidak hanya datang dari Paguyuban TRIP dan pemerhati sejarah Kota Surabaya saja, namun juga dari pejuang veteran Tentara Republik Indonesia Pelajar yang ikut terjun dalam tumpah darah perjuangan di Gunungsari.

Hari ini, tepat di hari perayaan Kemerdekaan Indonesia, dua pejuang veteran menemui Soekarwo dan menyatakan penolakannya terhadap perubahan nama Jalan Gunungsari yang menjadi usulannya selaku Gubenur Jawa Timur bersama Gubenur Jawa Barat sebagai bentuk rekonsiliasi budaya.

Menanggapi protes tersebut, Soekarwo justru menyampaikan bahwa tidak ada bagian Jalan Gunungsari yang dirubah ataupun dipenggal. pihaknya justru menyatakan bahwa Jalan Prabu Siliwangi ditempatkan pada jalan yang belum bernama dan bukan Jalan Gunungsari.

Padahal, dalam rapat paripurna DPRD Kota Surabaya pada tanggal 11 Agustus lalu, perubahan nama jalan sebagai bentuk rekonsiliasi budaya telah disahkan. dengan jelas dalam keputusan tersebut, Jalan Gunungsari dipenggal sepanjang 1 kilometer menjadi Jalan Prabu Siliwangi dan 300 meter Jalan Sunda diletakkan pada Jalan Dinoyo.

Soemanto, salah satu pejuang veteran tersebut dengan berapi-api mengaku sakit hati atas keputusan perubahan nama Jalan Gunungsari. Ia menyatakan bahwa di tempat itulah, ia bersama Tentara Republik Indonesia Pelajar yang lain berjuang tumpah darah bahkan berguguran demi mempertahankan Indonesia.(end)





Berita Terkait


Tirulah penamaan Jl. Stasiun kota, Jl. Stasiun wonokromo dan Jl. Smea

Mas TRIP Jatim dan Gubernur Jatim Bahas Perubahan Nama Jalan

Semangat Hijrah di Jalan Gunungsari dan Dinoyo.

Belajarlah Sejarah Agar Tidak Hilang Jati Dirimu


Perubahan Nama Jalan Tetap Berjalan dan Rapat Paripurna Diwarnai Walk Out

Tolak Perubahan Nama Jalan, Pejuang Veteran Ikut Geruduk Kantor Dewan

Tak Setuju Perubahan Nama Jalan, Begini Sikap Fatchul Muid

Menakar Polemik Perubahan Nama Jalan di Era Reformasi Birokrasi Pakde Karwo

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber