Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Siswa SMA se-Jatim Mengenal Budaya Lokal Lewat Musikalisasi Puisi
Rabu, 15-08-2018 | 19:14 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Siswa SMA se-Jatim mengikuti lomba musikalisasi puisi. Mengambil salah satu dari 7 puisi karya sastrawan asal Jatim, mereka diminta memainkan puisi dengan cara membaca, menyanyi, dan mengaransemen musik sendiri.

Sedikitnya ada 31 tim dengan masing-masing 6 peserta yang beradu kreativitas memainkan puisi dengan cara mengaransemen musik pengiring. Puisi karya penyair asal Jatim menjadi tema yang diangkat untuk mengenalkan potensi lokal. Bukan sembarang puisi, sebab isi  puisi yang dimainkan mengandung unsur budaya Jawa Timur.

"Bahkan alat musik yang dimainkan juga berasal dari budaya lokal. Sehingga diharapkan peserta mengenal kearifan lokal Jawa Timur, lewat seni sastra, sekaligus seni musik hasil gubahan sendiri," tegas Amin Mulyanto, selaku Ketua Panitia.

Musikalisasi puisi bagi peserta menjadi suatu hal yang menantang. Sebab, bukan sekadar membaca puisi karya pujangga lama tetapi juga harus membuat aransemen musik, menyanyikan, bahkan sedikit membuatnya seperti drama, namun tetap dalam koridor puisi.

"Butuh waktu sekitar 2 minggu untuk bisa tampil bagus dan berbeda," tutur Ratna Nur Syaumah dan Fuadah Muthmainnah, peserta asal Mojokerto

Diharapkan melalui ajang ini, peserta memiliki sisi kepekaan akan pentingnya menjaga budaya lokal Jawa Timur, agar tidak tergerus oleh zaman.(end)




Berita Terkait


Siswa SMA se-Jatim Mengenal Budaya Lokal Lewat Musikalisasi Puisi


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber