Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Ribuan Warga Hadiri Ritual Tumpeng Sewu
Senin, 13-08-2018 | 12:14 wib
Oleh : Iqbal Mustika dan Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Festival tumpeng sewu 2018 kembali digelar warga Desa Kemiren, Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Bukan hanya sekedar sebuah ritual adat, festival ini menjadi atraksi wisata Banyuwangi yang dihadiri oleh ribuan wisatawan.

Di festival tumpeng sewu ini, pengunjung di perbolehkan bersama sama menikmati tumpeng di tengah jalan Desa Kemiren. Acara yang di mulai sejak pukul 17.30 Wib, jalan menuju desa Adat Kemiren telah ditutup. Semua warga yang ingin menuju desa harus berjalan kaki demi menghormati ritual adat ini.

Sementara itu, warga menyuguhkan ribuan tumpeng di sepanjang jalan sejak pukul 18.00 Wib atau usai sholat magrib. Di bawah temaram api obor atau bahasa Banyuwangi oncor, semua orang duduk dengan tertib bersila di atas tikar maupun karpet yang tergelar di depan rumahnya masing masing.

Salah satu pengunjung wisatawan asal Paris Ema mengatakan, dirinya baru pertamakali menikmati masakan khas Banyuwangi ini. "Sangat senang, sebab dalam liburan ini bisa tepat berada saat upacara adat Tumpeng Sewu tersebut," kata Ema.

Beberapa wisatawan lokal juga mengaku ketagihan dengan rasa Tumpeng Sewu ini. Bahkan, sejak 3 hari sebelum acara dimulai, beberapa wisatwan sudah memesan terlebih dahulu.

Selamatan yang disebut dengan tumpeng sewu ini biasanya dilakukan setiap bulan haji atau zulhijah dalam penanggalan jawa.  Dimaksudkan untuk menghormati datangnya bulan yang digunakan para tamu Allah untuk menjalankan ibadah haji.

Selamatan Tumpang Sewu juga digelar sebagai ritual tolak bala agar terhindar dari mara bahaya, serta ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkahNya. (pul)

Berita Terkait


Nyadran Bersama 7 Gadis, 7 Mata Air dan 7 Tumpeng Besar

Serunya Para Profesor Berlomba Merias Tumpeng

Ribuan Warga Hadiri Ritual Tumpeng Sewu

Pemkab Blitar Gelar Kirab Tumpeng di Hari Jadi


Pemkab Blitar Gelar Kirab Tumpeng di Hari Jadi

Syukuran Kemenangan Khofifah-Emil, Muslimat NU Tulugagung Potong Tumpeng Sejumlah 99

Melestarikan Warisan Leluhur, Warga Gelar Kiran Tumpeng Agung di Candi Penataran

Sengketa Tanah Dengan Perusahaan Semen, Puluhan Warga Desa Gaji Arak Tumpeng
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber