Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Terletak di museum daur ulang botol plastik, kawasan pondok wisata B Walk, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Mohammad Taufik, mencurahkan hobinya membuat desain motor dengan olahan botol bekas. Foto: Khaerul Anwar
Museum Barang Bekas Kulit Limbah Botol Plastik Diubah Menjadi Kerajinan Bernilai Tinggi
Minggu, 12-08-2018 | 23:05 wib
Oleh : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Berbekal latar belakang pengkustom motor, kini beralih fungsi menjadikan olahan limbah botol plastik menjadi kerajinan bernilai ekonomis tinggi. Bahkan, kerajinan dari botol bekas sampai diekspor ke Kanada, dan kini dipajang dimuseum recycle dengan memberikan pelatihan bagi yang berminat.

Terletak di museum daur ulang botol plastik, kawasan pondok wisata B Walk, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Mohammad Taufik, mencurahkan hobinya membuat desain motor dengan olahan botol bekas.

Konsepnya yang unik, museum yang satu ini buka hingga 24 jam nonstop yang juga memamerkan seluruh karya hasil daur ulang. Ide daur ulang botol bekas Taufiq, tak lepas dari kondisi lingkungannya 3 tahun lalu, yang menyaksikan orang membuang sampah botol plastik sembarangan.

Berbekal pengalamannya, ia akhirnya membuat die cast motor hingga robot dan mobil mewah dari botol bekas tersebut, hingga mengembangkan konsep usaha start bussiness with zero dollar. Gabungan konsep jaga lingkungan yang membuatnya akhirnya memproduksi dengan jumlah yang besar.

Karya bikinannya punya konsep maskulin dan teknologi yang jarang ditemui dimanapun, yang membuat hasil kerajinannya mampu dilirik dan memiliki nilai jual tinggi.

"Harga yang dibanderol berkisar antara Rp 30 ribu hingga Rp 1,5 juta. Bahkan banyak karya ini terjual ke beberapa daerah di Indonesia bahkan hingga ke Kanada," kata Taufik.

Ia juga berkeinginan untuk lestarikan kegiatan kali ini, dengan pelatihan rutin sebagai edukasi bagi generasi penerus.

Kemampuannya membuat kerajinan berbahan botol bekas dan bisa dijadikan beberapa kerajinan menarik, tentunya akan menarik minat kawula muda untuk mempelajari dan berkarya sesuai keinginan mereka. Museum recycle dikecamatan dau ini siap memberikan pelatihan itu. (yos)

Berita Terkait


Eks Napi Sulap Lidi Jadi Piring Cantik

Boneka Dolanan Tradisional Berbahan Karung Goni Bekas

Karya Seni Patung Dari Karung Goni

Museum Barang Bekas Kulit Limbah Botol Plastik Diubah Menjadi Kerajinan Bernilai Tinggi


Wadahi Anak Muda Kembangkan Kreatifitas Bidang Fashion, Seni, dan Desain

Capai Peringkat 500 Dunia, Unair Wadahi Kreatifitas Mahasiswa S2

Kreatifitas Koran Bekas Beromzet Jutaan Rupiah

Origami Pohon Natal Latih Kreatifitas

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber