Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Perubahan nama sebagian Jalan Gunungsari menjadi Jalan Prabu Siliwangi, dan Jalan Dinoyo menjadi Jalan Sunda, telah resmi disahkan melalui rapat paripurna DPRD Kota Surabaya. Foto: Ainul Khilmiah
Diwarnai Aksi WO, Perubahan Nama Jalan Gunungsari dan Dinoyo Disahkan
Minggu, 12-08-2018 | 12:48 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Perubahan nama sebagian Jalan Gunungsari menjadi Jalan Prabu Siliwangi, dan Jalan Dinoyo menjadi Jalan Sunda, telah resmi disahkan melalui rapat paripurna DPRD Kota Surabaya. Perubahan nama Jalan Gunungsari menjadi Jalan Prabu Siliwangi yang sebelumnya sepanjang 1,9 kilometer, diperpendek menjadi 1 kilometer, mulai dari gerbang tol Gunungsari hingga Rolak.

Dengan itu, tidak ada satu KK-pun yang terdampak akibat perubahan nama jalan ini. Perpendekan Jalan Prabu Siliwangi ini, dianggap pansus telah mengakomodir penolakan warga terdampak dan pemerhati sejarah.

Dilain hal, salah satu anggota paguyuban mas trip menyatakan, pemenggalan Jalan Gunungsari meski hanya 1 kilometer, tetap merupakan pemenggalan sejarah yang ada didalamnya.

Sebelum dan ditengah paripurna berlangsung, pemerhati sejarah kota surabaya kembali menggelar aksi, untuk menyuarakan penolakannya terhadap perubahan nama di kedua jalan, berapapun panjangnya.

Pada rapat paripurna tersebut, sebelum pengesahan perubahan nama jalan dibacakan. Fatchul Muid, ketua pansus, menyampaikan ketidaksetujuannya atas keputusan pansus dan menyatakan bahwa ia mengundurkan diri sebagai ketua pansus.

Pengesahan nama jalan inipun diwarnai dengan aksi walk out oleh Vinsensius Awey, anggota DPRD Kota Surabay, dan Fatchul Muid, mantan ketua pansus perubahan nama jalan.

Sebelum walk out, Awey menyatakan, bahwa dalam upaya rekonsiliasi ini, Jalan Gunungsari dan Jalan Dinoyo, "Terlalu berharga untuk ditukar dengan Jalan Gazebo dan Jalan Kopo di Jawa Barat yang tidak memiliki nilai sejarah," kata Awey.

Meski begitu, perubahan nama jalan ini tetap disahkan dan 1 kilometer Jalan Prabu Siliwangi dan 300 meter Jalan Sunda, tetap akan hadir di Kota Surabaya, hingga kedua jalan ini diresmikan. (yos)




Berita Terkait


Diwarnai Aksi WO, Perubahan Nama Jalan Gunungsari dan Dinoyo Disahkan

Perubahan Nama Jalan Tetap Berjalan dan Rapat Paripurna Diwarnai Walk Out


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber