Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Olah Raga 

Ngenes Nasib Cabor Triatlon di Asian Games 2018
Sabtu, 11-08-2018 | 13:23 wib
Oleh : Ambari Taufiq
Surabaya pojokpitu.com, Nasib kurang beruntung dialami Cabang Olahraga Triatlon Indonesia yang disiapkan di Asian Game 2018 Jakarta Palembang. Sebab Cabor yang mebutuhkan keahlian khusus ini, tidak banyak mendapat perhatian pemerintah.

Datu minggu sebelum dibuka pelaksanaan Asian Game Jakarta-Palembang 18 Agustus, masih terganjal di persiapan salah satu Cabor andalan Indonesia. Padalan Cabor Triatlon ini menurut Menejer Armand Van Kempen, sudah resmi menjadi anggota kontingen Indonesia. "Tapi kenapa ya, kami tidak diberi anggaran untuk pembinaan atlet dan operasional setiap harinya," kata Armand.

Jika dihitung-hitung, Cabor Triatlon sudah menyiapkan diri sejak Pelatnas Februari 2018. Hingga  saat ini Cabor Triatlon telah mengumpulkan dana secara mandiri sekitar Rp 2 milyar.
 
Uang sebesar itu menurut Armand, dipergunakan untuk membiaya atlet, pelatih dan operasional setiap harinya. "Saya hanya ingin menyelamatkan cabang olahraga ini dari kepunahan, sebab Cabor ini tidak semua orang bisa mengikutinya," jelas Armand.

Untuk menjadi atlet Cabor Triatlon, harus memiliki keahlian balap sepada, renang di laut dan kuat lari sejauh 5 km.

Sebenarnya, pihak pemerintah melalui Kemenpora telah menyetujuhi anggaran untuk Cabor Trialton sebenar Rp 5 milyar. Namun hingga saat ini dana tersebut belum juga turun, dengan alasan ada dualisme kepengurusan  di Cabor Federasi Triatlon Indonesia.

Armand menuding, uang tersebut sengaja tidak diturunkan karena ada aknum Pegawai Kemenpora yang ikut terlibat dalam anggaran Pelatnas Asian Games. Aknum tersebut menjadi salah satu pengurus di PP FTI tandingan, sehingga memperkeruh persoalan ini.

Di Asian Games 2018, jumlah yang telah disiapkan Federasi Triatlon Indonesia ada 7 atlet. Mereka Jauhari Johan, Andi Gumilang, Ahlul Firman, Maeera, Eva Desiana Mbarek Asihta Aulia. Di Asian Games ini Cabor Trialton diterget 1 medali emas dan 2 medali perunggu. (pul)

Berita Terkait


Ngenes Nasib Cabor Triatlon di Asian Games 2018

SEA Games 2017 Hanya Pertandingkan 38 Cabor

Sembilan Cabor Terancam Tak di Pertandingan di PON XX-2020 Papua

Lumajang Siap Lombakan Cabor Selam Di POR SD 2017


Olahraga Tradisional Gobak Sodor Resmi Masuk Cabor KONI Bondowoso

SEA Games 2017 Hanya Pertandingkan 38 Cabor

Sembilan Cabor Terancam Tak di Pertandingan di PON XX-2020 Papua

Hadapi PON XX-2020, KONI Jatim Kumpulkan Pengurus dan Cabor
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber