Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Bertempat di salah satu hotel di Kota Blitar, petugas imigrasi kelas 2 B Blitar, melaksanakan kegiatan sosialisasi aplikasi pelaporan orang asing kepada instansi terkait. Foto: Moch. Asrofi
Imigrasi Blitar Sosialisasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing
Sabtu, 11-08-2018 | 06:30 wib
Oleh : Moch. Asrofi
Blitar pojokpitu.com, Guna memudahkan pendataan bagi orang asing yang datang ke Kabupaten Blitar, Kantor Imigrasi Blitar mewajibkan setiap pemilik usaha losmen atau hotel untuk mendata setiap orang asing yang datang melalui Aplikasi Pelaporan Orang Asing (Apoa). Aplikasi pelaporan orang asing ini, telah disosialisasikan kepada instansi terkait khususnya yg ada di Kabupaten Blitar.

Bertempat di salah satu hotel di Kota Blitar, petugas imigrasi kelas 2 B Blitar, melaksanakan kegiatan sosialisasi aplikasi pelaporan orang asing kepada instansi terkait, terhadap keberadaan orang asing yang akan datang ke Kabupaten Blitar.

Sasaran aplikasi pelaporan orang asing ini diantarannya, penginapan, hotel, losmen, apartemen, Mess perusahaan ataupun semua jenis tempat penginapan dan wajib melaporkan ke imigrasi melalui aplikasi apoa ini dalam waktu 1 kali 24 jam.

Wijanarko, Petugas Imigrasi Kelas 2 B Blitar, mengatakan, jika ada penginapan ataupun hotel yang tidak memberikan data terhadap keberadaan orang asing, melalui aplikasi Apoa ini maka pemilik atau pengurus tempat penginapan bisa kena pidana kurungan dan denda Rp 25 juta rupiah.

"Sementara kewajiban pemilik ataupun pengurus penginapan memberikan data melalui aplikasi apoa ini, bertujuan untuk mempermudah petugas imigrasi dalam memberikan pelayanan perijinan kepada orang asing," jelas Wijanarko.

Sementara manfaat lain dengan adannya aplikasi Apoa ini, petugas imigrasi dengan mudah dalam memberikan pengawasan terhadap orang asing. Apakah orang asing tersebut akan bekerja atau sebatas melaksanakan kunjungan. (yos)

Berita Terkait


Imigrasi Blitar Sosialisasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber