Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Agustusan 

Selain mengisi kemerdekaaan, lomba ini bertujuan untuk berikan nuansa baru sambut peringatan 17 Agustus, untuk mengenang jasa pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Foto: Khaerul Anwar
Sensasi Baru, Lomba Agustusan Bawah Air Isi Kemerdekaan RI ke 73
Jum'at, 10-08-2018 | 21:18 wib
Oleh : Khaerul Anwar
Berita Video : Sensasi Baru, Lomba Agustusan Bawah Air Isi Kemerdekaan RI ke 73
Malang pojokpitu.com, Komunitas Malang Underwater Community, meriahkan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, dengan mengadakan lomba Agustusan dibawah dingin dan jernihnya mata air sumber sira, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Selain mengisi kemerdekaaan, lomba ini bertujuan untuk berikan nuansa baru sambut peringatan 17 Agustus, untuk  mengenang jasa pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Berbagai perlombaan khas 17 Agustusan diadakan dibawah air Sumber Sira, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Seperti karate, badminton, tarik tambang, hingga gigit koin dalam semangka.

Seluruh peserta lomba dari siswa dan mahasiswa tampak antusias memenangkan setiap babak lomba yang digelar. Dengan menggunakan atribut khas 17san, seluruhnya tampak berusaha menangkan setiap babak demi babak untuk jadi pemenang.

Mereka harus mampu menahan nafas saat berada dibawah air, ketika perlombaan yang diikuti telah dimainkan dan harus memiliki strategi khusus untuk bisa menang.

Meski harus menahan dinginnya air sumber sira, tak jadi hambatan bagi peserta untuk tampilkan yang terbaik. Beberapa mengaku kesulitan saat mengatur nafas di dalam air yang dingin dan ritme pertandingan agar tidak kalah. Baik juga mengatur nafas dan pose saat sesi foto dan video bawah air .

Hal itu diungkapkan salah satu peserta lomba, Nathalia Krisanti, yang merasa perlombaan bawah air memiliki tantangan tersendiri. "Susah juga mengatur nafas saat menyelam," katanya.

Sebagai generasi muda, ia harus memiliki semangat kemerdekaan yang tinggi. Lomba kali ini sengaja berkonsep unik untuk berikan rona baru.

Hal ini juga sebagai latihan bagi para generasi muda, agar selalu siap dalam segala tantangan dan pengingat jasa perjuangan para pahlawan kemerdekaan.

Dikatakan Mohammad Joko Apriyo Putro, fotografer yang ingin membuat suasana perlombaan berbeda dari lainnya dan dilakukan underwater,

"Kerap juga dijumpai perlombaan selalu dilakukan didarat, seperti lomba tarik rambang, gigit koin, karate dan badminton dalam air juga sebagai apresiasi terhadap perjuangan para pahlawan bangsa," jelas Mohamad Joko Apriyo Putro.

Rangkaian acara lomba ditutup dengan pemberian hadiah bagi para juara lomba, dharapkan melalui acara rutin seperti ini mampu tingkatkan semangat nasionalisme bagi generasi muda, sebagai cikal bakal penerus masa depan Indonesia di masa mendatang. (yos)

Berita Terkait


Ratusan Siswa di Magetan Cium Bendera dan Ziarah Makam Pahlawan

Keunikan dan Kreativitas Peserta Gerak Jalan Kemerdekaan

Bendera 500 Meter Terbentang Di Jalan Kampung di Kabupaten Malang

Bulan Kemerdekaan, Istana Gebang Dibanjiri Pengunjung


Orang Tua Perkenalkan Anak-Anaknya Tentang Hari Kemerdekaan

Kampung Bendera Layani Warga Butuh Pernak-Pernik Hari Kemerdekaan

Peringati Hari Kemerdekaan Dengan Festival Layang - Layang Raksasa

Peringati Hari Kemerdekaan Dengan Lomba Nguwot
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber