Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

pihak APTRI Pasuruan berharap kepada pemerintah untuk melarang atau membatasi peredaran gula rafinasi.
Petani Tebu Keluhkan Gula Rafiansi di Pasaran
Jum'at, 10-08-2018 | 20:10 wib
Oleh : Abdul Majid
Pasuruan pojokpitu.com, Meski pemerintah sudah melakukan penyerapan gula petani, namun petani tebu yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Pasuruan, mengeluhkan adanya gula rafinasi di pasaran, yang dijual dibawah harga Rp 9.700 per kilogram.

Dengan adanya harga gula rafinasi yang masih dibawah harga tersebut, pihak APTRI Pasuruan berharap kepada pemerintah untuk melarang atau membatasi peredaran gula rafinasi. Tujuannya agar gula petani yang sudah diserap oleh pihak pemerintah melalui bulog, dapat laku di pasaran.

Hal ini diungkapkan oleh koordinator APTRI Pasuruan, Mawardi, saat menggelar pertemuan dengan sejumlah perwakilan petani tebu. Diantaranya yang berasal dari Pasuruan, Ngawi dan Bondowoso, di Aula Pabrik Gula Kedawoeng, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan.

Mawardi, menjelaskan, pihak APTRI Pasuruan sangat mengapresiasi pihak pemerintah yang melalui bulog, sudah mau untuk menyerap gula petani.

"Namun APTRI juga mengeluhkan masih banyaknya gula rafinasi yang beredar dipasaran, dengan harga dibawah Rp 9.700 per kilogram, yang sudah ditetapkan oleh pemerintah," jelas Mawardi.

Selanjutnya, pihak APTRI Pasuruan, berharap kepada pihak pemerintah, untuk melarang atau membatasi peredaran gula rafinasi yang ada dipasaran,

"Agar gula petani yang sudah diserap oleh pemerintah melalui bulog, dapat dibeli oleh pedagang dan laku dipasaran," imbuh Mawardi.

Diketahui, Indonesia hingga masih memiliki 62 pabrik gula milik negara dan swasta, yang sudah beroperasi sejak era kolonial Belanda hingga sekarang.

Saat ini, produksi gula nasional mencapai 2,2 juta ton, sementara kebutuhan gula nasional mencapai 2,9 juta ton pertahun atau rata-rata sekitar 225.000 ton perbulan. (yos)

Berita Terkait


Petani Tebu Keluhkan Gula Rafiansi di Pasaran

Petani Tebu Jatim Lurug Istana Minta Harga Gula Dinaikan

Ratusan Petani Tebu Demo

Dikenakan PPN 10 Persen, Petani Tebu Memilih Demo


Ratusan Petani Tebu Demo

Dikenakan PPN 10 Persen, Petani Tebu Memilih Demo

Demo Petani Tebu Terlibat Aksi Saling Dorong Dengan Petugas

Lima Ribu Petani Tebu Se-Jawa Siap Demo ke Istana
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber