Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Dengan kereta limbah yang pertama di Indonesia ini, pengiriman limbah dari Surabaya ke Bogor untuk didaur ulang hanya membutuhkan waktu 15 jam. Foto Rosi
Ingin Cepat Buang B3, KAI Luncurkan Kereta Limbah
Kamis, 09-08-2018 | 23:18 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Banyaknya limbah bahan berbahaya dan beracun atau B3 di Jawa Timur, mendorong PT Kereta Api Indonesia melalui anak perusahaannya pelaksana PT Kereta Api Logistik, Kalog, meluncurkan operasional kereta angkutan limbah.

Peluncuran operasional kereta angkutan limbah B3 dilakukan di Stasiun Kalimas , Surabaya Kamis siang. Ditandai dengan pemecahan kendi yang dilakukan sejumlah pejabat di lingkungan PT KAI, PT Kereta Api Logistik dan pejabat dari instansi terkait. Ikut dalam launching ini,  perwakilan dari sejumlah perusahaan di Surabaya dan Jawa Timur yang terlibat dalam pengelolaan limbah B3.

Dalam operasional perdana, kereta angkutan limbah B3 akan membawa limbah milik PT Prashada Pamunah Limbah Industri. Ada 10 rangkaian gerbong datar dengan kapasitas 20 teus atau setara dengan 360 ton.

Menurut Junaidi Nasution Plt Direktur Utama Kalog, kereta angkutan limbah B3 ini bertolak dari Stasiun Kalimas Surabaya menuju ke Stasiun Nambo, Cileungsi, Bogor , dengan standar prosedur keamanan dan keselamatan yang telah terpenuhi. Selain itu, limbah B3 yang diangkut merupakan jenis limbah berpenanganan khusus, namun dengan tingkat resiko yang paling rendah.

Setibanya di Cileungsi Bogor, semua jenis limbah baik cair maupun padat akan didaur ulang, diolah dan dimusnahkan oleh PT Prashada Pamunah Limbah Industri. 

Setelah diresmikan, rencananya kereta angkutan limbah B3 yang merupakan kereta limbah pertama di Indonesia ini akan beroperasi 2 kali dalam seminggu. Dengan rangkaian 5 gerbong datar  atau 10 teus setara 180 ton untuk sekali keberangkatan. (pul)


Berita Terkait


Sungai Bengawan Solo Dipenuhi Sampah

Tercemar Limbah, 5 Sumur Warga Berbau dan Tidak Layak Dikonsumsi

Limbah Pabrik Kayu Sengon SMK terbakar

Olah Limbah Organik, Tiga Mahasiswa Berhasil Ciptakan Energi Listrik


Gudang Limbah Kaos Kaki Ludes Terbakar

Kreatif, Hiasan Berbahan Limbah Hasilkan Rp 2 Juta Perbulan

Warga Surabaya Masih Buang Limbah Hewan Kurban ke Sungai Kalimas

Limbah Pabrik Gula Cemari Irigasi Petani
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber