Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Polemik Label Halal MR Berdampak Pada Pelaksanaan ORI Difteri 2 di Bangkalan
Kamis, 09-08-2018 | 20:07 wib
Oleh : Ismail Hasyim dan Moch Sahid
Bangkalan pojokpitu.com, Polemik belum dikantonginya sertifikat halal imunisasi Measles Rubella dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat, berdampak pada pelaksanaan ORI difteri tahap 2 di Kabupaten Bangkalan.

Pelaksanaan Outbreak Response Immunization (ORI) difteri tahap 2 mestinya pada bulan Juli dan Agustus 2018. Dengan target sebanyak  290.694 sasaran , yang mencakup anak yang berusia 1 tahun sampai dengan 19 tahun.

Menurut Pramudya Widjaya , Kasie Surveilans Imunisasi Dinkes Bangkalan, namun karena polemik belum dikantonginya label halal pada imunisasi Measles Rubella (MR) oleh MUI, telah berdampak pada pelaksanaan ORI. Karena ada sebagian masyarakat dan lembaga pendidikan yang meminta menunda pelaksanaan ORI difteri sampai ada kejelasan label halal.

Dampaknya pada hasil cakupan pelaksanaan ORI difteri di Kabupaten Bangkalan. Dimana pertanggal 08 Agustus 2018 hanya mencapai 60,3 persen. Sedangkan target minimal nasional harus mencapai 90 persen.

Terkait label halal vaksin difteri ini, Dinkes Bangkalan terus berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui Puskesmas. Dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa penanganan ORI difteri ini berlainan dengan penanganan Measles Rubella yang sudah dilakukan pada tahun 2017.

"Pada pelaksanaan ORI difteri sebelumnya yang dilaksanakan pada Peberuari dan Maret 2018 mencapai 92,3 persen. Namun adanya kendala seperti ini, belum tentu melampaui pencapaian ORI difteri tahap pertama," kata Pramudya Widjaya. (pul)


Berita Terkait


Polemik Label Halal MR Berdampak Pada Pelaksanaan ORI Difteri 2 di Bangkalan

Imunisasi Difteri Tahap Kedua Baru Berjalan 60 Persen

Sebanyak 13 Warga Madiun Dinyatakan Suspect Difteri

Hingga Maret, Sudah 742 Ribu Anak Surabaya Terimunisasi Difteri


Insiden Vaksin Difteri, Forum LSM Lurug DPRD

Disuntik Difteri, Puluhan Siswi SMA Menangis dan Histeris

Puluhan Santri Mual Pasca Imunisasi Difteri

Bupati Tetapkan Bangkalan KLB Difteri
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber