Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Kegiatan bertemakan sedinten boso jawi sendiri dilakukan satu bulan dua kali, di minggu kedua dan minggu keempat. Foto: Rafli Firmnsyah
SDN di Batu Wajibkan Muridnya Berpakaian dan Berbahasa Jawa Pada Hari Kamis
Kamis, 09-08-2018 | 18:02 wib
Oleh : Rafli Firmansyah
Kota Batu pojokpitu.com, Guna melestarikan budaya adat jawa serta mengajarkan sopan santun dalam berbahasa, salah satu Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Batu, wajibkan muridnya pelajari bahasa jawa. Uniknya, para siswa juga diwajibkan menggunakan pakaian adat jawa saat hari kamis kedua dan keempat.

Suasana tersebut berada di SDN 01 punten, yang telah berjalan sejak 2016, dan mulai dikembangkan dengan menggunakan pakai jawa  serta mendongeng dengan bahasa jawa.

Kegiatan bertemakan sedinten boso jawi sendiri dilakukan satu bulan dua kali, di minggu kedua dan minggu keempat. Tujuannya untuk lebih mengajarkan ke siswa-siswi tentang jawa, dan tak hanya dari segi bahasa, namun juga dari pakaian dan alat permainannya yang tradisional.

Adapun bahasa yang dipakai di progam ini terdiri dari 3 bahasa yaitu ngoko, kromo madyo, dan kromo inggil. Bahkan siswa-siswi merasa antusias dengan adanya progam sehari berbahasa jawa.

Salah satu siswa kelas 1 B, Enzo, merasa senang bisa mengikuti progam sehari bahasa jawa, "Karena bisa lebih mengenal bahasa jawa dan bisa dipraktekan nanti di rumah," ucapnya.

Kepala Sekolah SDN 01 Punten, Prihastutik, mengatakan, kegiatan ini untuk melestarikan bahasa jawa dan mengenalkan adat jawa ke siswa-siswinya. Sehingga sejak dini mereka diajarkan, agar tidak melupakan budaya jawa.

"Sudah ada sekitar 80 persen perubahan pada siswa, yakni pada sopan santun, dan gaya berbahasa siswa," jelas Prihastutik.

Dengan adanya program ini, diharapkan nantinya para siswa akan lebih mengetahui dan memahami sopan santun dan tata krama.
Sehingga dapat menerapkan hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Mengingat saat ini sangatlah sulit untuk mengajarkan anak, untuk bersopan santun terhadap guru bahkan orang tua. (yos)

Berita Terkait


SDN di Batu Wajibkan Muridnya Berpakaian dan Berbahasa Jawa Pada Hari Kamis


Gelar Atraksi Budaya, Pelajar Lestarikan Budaya Jawa

Budaya Tulungagung Dipamerkan di Taman Budaya Jawa Timur
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber