Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Api tersebut berasal dari gas alam yang keluar dari sumurnya. Foto: Herpin Pranoto
Semburan Api Keluar dari Sumur Gegerkan Warga Ngawi
Kamis, 09-08-2018 | 12:24 wib
Oleh : Herpin Pranoto
Ngawi pojokpitu.com, Warga kabupaten ngawi, kembali digegerkan dengan terjadinya fenomena alam unik, semburan api keluar dari pipa yang terhubung dari sumur milik warga, setelah 5 tahun lalu sempat mati. Api yang diperkirakan berasal dari gas metan, ramai jadi tontonan warga.

Rumah teresebut milik pasangan Muhajir (52) dan Siti Masruroh (44) di Desa Waruk Tengah, yang ramai dikunjungi warga. Mereka ingin melihat, semburan api dari sumur pompa bertenaga listrik dalam rumah.

Api tersebut berasal dari gas alam yang keluar dari sumurnya. Gas yang keluar telah dihubungkan selang air dan tungku kompor gas, sehingga bisa digunakan untuk memasak.

Pemilik rumah, Muhajir, mengatakan, kejadian bermula saat anak keduanya, Khoiru Rosyikhin (12) sedang berada dalam kamar bersama temannya. Mereka mendengar suara gemuruh, saat tidur diatas kasur.

Suara tersebut, berasal dari sebuah pipa yang terhubung dengan sumur pompa tenaga listrik. Muhajir yang mengetahui kejadian tersebut, langsung menyadari kemunculan gas alam, seperti 5 tahun lalu.

"Setelah dinyalakan dengan korek api, terjadi semburan api dari pipa tersebut," ujar Muhajir.

Kejadian unik tersebut, juga menarik perhatian dari tim ahli dari Dinas Energi dan Sumberdaya Alam Pemprov Jawa Timur, Kukuh Sudjatmiko, yang sebelumnya meneliti semburan air di Desa Sidolaju Kecamatan Widodaren Ngawi. Semburan api tersebut, menuruntnya dinilai tidak berbahaya, jika dikelola dengan benar.

"Analisa sementara, api berasal dari gas metan yang merembes ke dalam sumur pompa milik Muhajir," jelas Kukuh Sudjatmiko.

Dari informasi Dinas Energi Dan Sumberdaya Alam Pemprov Jawa Timur, fenomena alam munculnya gas dangkal, berpotensi terjadi di Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Bojonegoro.

Gas tersebut bukan gas bumi tetapi gas rawa, yang gampang terbakar. Jika dikaitkan dengan potensi cadangan minyak bumi dan gas bumi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut. (yos)

Berita Terkait


Suhu Panas Capai 30 Sampai 34 Derajat Celsius, Jawa Timur Hadapi 5 Hari Tanpa Bayangan

Fenomena Bumi Tanpa Bayangan Dimulai Dari Ujung Timur Madura

Semburan Api Keluar dari Sumur Gegerkan Warga Ngawi


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber