Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Jatuh Bangun Ludruk Bertahan di Era Milenial
Rabu, 08-08-2018 | 19:04 wib
Oleh : Heru Kuswanto
Ponorogo pojokpitu.com, Eksistensi ludruk, kesenian asli Jawa Timur, terus diuji di era milenial. Meski dengan keterbatasan, para seniman ludruk tetap harus tampil dan menghibur pecinta ludruk.

Dengan bentuk panggung yang sangat sederhana, hanya menggunakan bambu dan beratapkan seng, grup ludruk Irama Muda tetap bertahan, meski bukan menjadi hiburan yang populer di era digital saat ini.

Sudah lebih dari lima tahun grup ludruk pimpinan Narti ini, setiap harinya, menggelar pertunjukan dan menetap di lapangan Desa Prajekan, Kecamatan Sukorejo, Ponorogo. Tidak seperti sebelumnya, pemain berikut propertinya, berpindah-pindah dari satu kota ke kota lainnya.

Di grup ludruk Irama Muda, ada sekitar 40 orang, dari pemain, sampai pengrawit, atau penabuh gamelan. Kebanyakan usia mereka lebih dari 50 tahun. Bahkan ada yang 60 tahun. Namun tidak menyurutkan mereka untuk tetap menjadi seniman ludruk dan dengan segala keterbatasan, mempertahankannya.

Banyak kesenian tradisional saat ini dalam kondisi mati suri, atau bahkan hilang ditelan zaman. Meski para seniman ini berusaha begitu konsisten untuk mempertahankan apa yang menjadi warisan leluhur.

Kesenian ludruk Jawa Timur, akankah tetap mampu bertahan dan menjadi hiburan bagi masyarakat pinggiran. Bagi seniman ludruk sendiri, mementaskan ludruk akan terus dilakukan untuk tetap menghibur para penggemar ludruk .(end)
 
 



Berita Terkait


Jatuh Bangun Ludruk Bertahan di Era Milenial

Ludruk Irama Budaya Sinar Nusantara Gelar Raker

Lestarikan Budaya Bangsa, DPRD Malang Ludrukan

Uniknya Ludruk Carity, Pemainnya Para Dosen UNAIR


Jelang HUT Surabaya, Seniman Ludruk Sambang Makam Raden Soekotjo

Lestarikan Budaya Bangsa, DPRD Malang Ludrukan

Apresiasi Eksistensi Seni, Lesbumi Kunjungi Seniman Ludruk Cak Kartolo

Uniknya Ludruk Carity, Pemainnya Para Dosen UNAIR
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber