Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Sempat terjadi ketegangan antara warga dengan penggugat, sebab bersikukuh lahan untuk menyimpan keranda mayat ini merupakan miliknya. Meski sempat ada ketegangan, eksekusi tetap dilakukan dengan perjanjian warga tetap mendapat jalan. Foto Farid
Kalah di Pengadilan, Bangunan Fasilitas Rukun Kematian Dieksekusi
Selasa, 07-08-2018 | 13:01 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Kalah di Pengadilan Negeri Probolinggo, sebuah bangunan yang ditempati perlengkapan rukun kematian dieksekusi.

Setelah lama menjadi sengketa, akhirnya juru sita Pengadilan Negeri Probolinggo, dibantu anggota Polres setempat mengeksekusi lahan dan bangunan yang selama ini dipakai sebagai tempat penitipan peralatan rukun kematian.

Sebelumnya warga di RT 4 RW 5, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran sempat akan melakukan penolakan saat eksekusi berlangsung. Namun dengan banyaknya personil akhirnya warga tidak berbuat banyak.

Sengketa ini terjadi antara penggugat atas nama Budiharjo dan tergugat Bambang Arianto selaku ketua RT 4. Bangunan Rukun Kematian ini berdiri tepat di balakang rumah milik penggugat.

Penggugat bersikukuh lahan tersebut merupakan miliknya, dan akan dipakai kembali untuk kepentingan keluarga.

Sempat terjadi ketegangan antara penggugat dengan warga, pasalnya penggugat Budiharjo berencana tidak akan memberi jalan kecil yang menghubungan warga di 5 rumah menuju mushola. Namun setelah ada negoisasi, akhirnya penggugat Budiharjo menyutujui diberi jalan kecil.

"Lahan yang dijadikan tempat penitipan keranda mayat merupakan milik kami, dan akan dibangun untuk memperluas rumah," kata Budiharjo.

Sementara itu menurut Bambang Irianto, tergugat ketua RT 4, pihaknya menghormati keputusan Pengadilan Negeri Kota Probolinggo. Namun pihaknya menyayangkan ada warga yang terkesan egois dan lebih memilih kepentingan pribadi.

"Sampai saat ini warga masih kebingunan mencari tempat untuk peralatan rukun kematian. Untuk sementara keranda mayat ditempatkan di sudut gang itu, sedangkan peralatan lain dititipkan di salah satu rumah warga," kata Bambang Irianto. (pul)

Berita Terkait


SP3 Melayang, PT KAI Bakal Kosongkan Warung

Kalah di Pengadilan, Bangunan Fasilitas Rukun Kematian Dieksekusi

Kalah Lelang, Rumah Juragan Merica Dieksekusi Pengadilan

Warga Krembung Tolak Eksekusi Aset Desa Seluas 320 Meter Persegi


PN Surabaya Eksekusi Rumah di Jalan Girilaya Surabaya

Sertifikat Dijaminkan Bank, Rumah Janda di Mojokerto Dieksekusi Pengadilan

Petugas Kerahkan Ratusan Personil Eksekusi Rumah Warga

Dijaminkan, Rumah dan Bengkel Las Senilai Rp 500 Juta Dieksekusi Bank Swasta
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber