Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Inovasi Mahasiswa, Robot Pemindah Barang Dengan Sensor Pintar
Senin, 06-08-2018 | 09:16 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Mahasiswa Politeknik Negeri Surabaya, menciptakan inovasi robot pemindah barang otomatis dengan sensor pintar. Tak hanya dikendalikan dengan smartphone, robot pemindah barang juga mampu mengikuti orang tertenu dengan sensor pintarnya.

Hal ini membuktikan wacana manusia akan tergantikan dengan robot akan semakin nyata adanya. Sebab penemuan robot-robot yang mampu menggantikan pekerjaan manusia semakin bermunculan. Salah satunya robot pemindah barang otomatis dengan sensor pintar hasil inovasi mahasiswa Politeknik Negeri Surabaya.

Menurut Zainur Rofit mahasiswa Politeknik Negeri Surabaya, berbentuk menyerupai mobil mainan anak. Robot berukuran mini ini mampu membawa beban seberat 20 kilogram. Robot ini memiliki 3 mode penggunaan yaitu mode pengendalian manual yang dikendalikan melalui smartphone. Mode sensor pintar yang mampu mengikuti orang tertentu dengan adanya sensor khusus, dan mode mapping yang mampu berjalan sendiri sesuai mappingnya dari titik asal ke titik tujuan dengan mandiri.

Tujuan diciptakannya robot pemindah barang dengan sensor pintar ini, agar pengawas gudang hanya menentukan pemindahan barang dari titik satu ke titik lain. Sedangkan robot akan menjalankan dengan sistem mappingnya tanpa perlu bantuan manusia.

Robot mungil ini siap dipoduksi dengan ukuran lebih besar dengan kemampuan membawa beban yang lebih berat sesuai dengan kebutuhan.

"Hingga saat ini, kami sedang berupaya untuk mengembangkan desain robot agar lebih menarik dan lebih fungsional, sehingga mampu menarik perhatian industri untuk memanfaatkan inovasinya," kata Zainur Rofit.

Berita Terkait


Inovasi Mahasiswa, Robot Pemindah Barang Dengan Sensor Pintar

ITS Targetkan Jadi Delegasi Indonesia Ditingkat Internasional

Hebat, Tim ITS Raih Prestasi di Robocup 2018 Kanada

Menang Kontes Robot, 4 Tim Siswa SD Sabet Juara Kompetisi Robocup Singapura


Siswa Sekolah Dasar Beradu Ketangkasan Dalam Kompetisi Robotika Nasional

Lomba Robot Pascal Manfaatkan Tekanan Energi Air

Jatim Park 3 Diduga Serobot Tanah Kas Desa Beji

Kursi Roda Robot, Inovasi Siswa Untuk Disabilitas
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber