Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Begini Cara Menurunkan Berat Badan di Usia Sudah 40 Tahun
Senin, 06-08-2018 | 05:01 wib
Oleh :
pojokpitu.com, Memasuki usia 40 tahun, terjadi banyak perubahan dalam tubuh yang tak disangka-sangka. Kadar kolagen pada kulit wajah yang semakin menurun, elastisitas berkurang, gerak tubuh kian lambat, kemampuan metabolisme pun menurun. Segala hal tersebut akhirnya menyebabkan kenaikan berat badan.

Jika tak ditangani secara serius, kenaikan berat badan pada seseorang yang telah menginjak 40 tahun bisa membahayakan. Menurut dr. Rio Aditya dari KlikDokter, di usia 40 tahun adalah waktu yang tepat untuk memahami kondisi tubuh dengan lebih baik.

"Usia 40 tahun merupakan saat yang tepat untuk mengetahui angka tekanan darah, berat badan, nilai kolesterol, dan gula darah. Melakukan tes kesehatan dapat membantu Anda untuk mengetahui potensi adanya penyakit yang berbahaya," ujarnya.

Lebih lanjut, dr. Rio juga menjelaskan bahwa kebanyakan orang tidak menyadari kalau mereka memiliki penyakit tertentu saat memasuki usia 40 tahun, hingga akhirnya timbul komplikasi. Itulah mengapa, menjaga berat badan menjadi hal yang penting.

Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Dilansir dari WebMD, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan bagi Anda yang telah menginjak 40 tahun dan ingin menurunkan berat badan.

1.Tingkatkan konsumsi buah dan sayuran.

Isi setengah piring Anda dengan sayuran saat makan, lalu akhiri sesi makan dengan asupan buah-buahan segar. Kedua jenis kudapan tersebut memiliki lebih banyak nutrisi, sedikit lemak dan kalori, dibanding daging, produk susu, atau biji-bijian. Buah-buahan segar seperti apel dan buah beri juga bagus dikonsumsi sebagai pengganti camilan tinggi lemak atau tinggi gula.

2. Jangan lewatkan sarapan

Para ahli merekomendasikan menu sarapan yang sehat seperti roti gandum dan buah. Jenis makanan tersebut dapat membantu mengekang rasa lapar di pagi hari yang membuat Anda ingin ngemil terus-menerus hingga makan secara berlebihan saat siang hari.

Konsumsi camilan kecil setiap beberapa jam sekali memang dapat membuat nafsu makan Anda tetap terpenuhi sepanjang hari. Akali dengan menyediakan buah, salad, atau kacang-kacangan sebagai menu kudapan.

3. Masak makanan sehat

Lemak dan kalori ekstra dapat berasal dari cara Anda menyiapkan makanan. Daripada menggoreng dengan mentega atau minyak, cobalah memasak dengan cara memanggang atau merebus. Sebaiknya, hindari makanan yang digoreng atau memiliki saus krim berlebihan.

4. Olahraga

Olahraga memiliki segudang manfaat, dari mengontrol berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, kanker usus besar, menguatkan tulang dan otot, serta meningkatkan kesehatan mental dan memperbaiki mood. Selain itu, olahraga juga dapat membantu mencegah depresi dan membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

"Manfaat dari olahraga dapat dirasakan bila Anda melakukan setidaknya 2 jam 30 menit (150 menit) per minggu. Olahraga yang disarankan adalah aktivitas fisik dengan intensitas sedang seperti berjalan cepat," ujar dr. Rio.

5. Perhatikan waktu tidur

Berdasarkan Journal of Clinical Sleep Medicine tahun 2015, orang dewasa harus memenuhi kebutuhan tidur minimal 7 jam setiap malamnya untuk kesehatan yang optimal.

"Apabila kurang dari 7 jam, dapat menyebabkan peningkatan berat badan, diabetes, hipertensi, penyakit jantung, stroke, depresi, dan meningkatkan risiko kematian. Selain itu, kurang tidur juga dapat menurunkan daya tahan tubuh dan membuat performa Anda tidak maksimal," kata dr. Rio.

Memasuki 40 tahun bukan halangan bagi Anda untuk berupaya menurunkan berat badan guna menunjang kesehatan. Mulai dari sekarang, hindari kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol atau soda, dan mengonsumsi camilan tak sehat. Yuk, sayangi tubuh dengan mengontrol asupan sehari-hari!(NP/RVS/klikdokter)

Berita Terkait


Begini Cara Menurunkan Berat Badan di Usia Sudah 40 Tahun

Berat Badan Naik Usai Lebaran? Jangan Lupa Konsumsi ini

Ibu-Ibu!.. Ini Loh Cara Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Berolahraga Bukan Cara Terbaik Turunkan Berat Badan ?


Berat Badan Naik Usai Lebaran? Jangan Lupa Konsumsi ini

Ibu-Ibu!.. Ini Loh Cara Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Sukes Berat Badan Turun 30 Kg, Yunita Kini Lebih Aktif

Operasi Tumor Bocah Bandungan Tunggu Berat Badan 10 Kg
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber