Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Mentri Perindustrian Airlangga Hartarto, meyatakan, salah satu yang paling mempengaruhi industri automotif ditengah pelemahan nilai tukar rupiah. Foto: Iman Pujiono
Airlangga Hartanto: Pelemahan Rupiah Pengaruhi Kinerja Industri Otomotif
Jum'at, 03-08-2018 | 13:07 wib
Oleh : Iman Pujiono
Jakarta pojokpitu.com, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, menyebut bila pelemahan nilai tukar rupiah yang terjadi belakangan ini, berpengaruh terhadap industri. Tak terkecuali bagi industri di sektor automotif.

Usai membuka Gakindo Indonesia Inernasional Auto Show bersama Peresiden Joko Widodo , Mentri Perindustrian Airlangga Hartarto, meyatakan,  salah satu yang paling mempengaruhi industri automotif ditengah pelemahan nilai tukar rupiah, terhadap dolar amerika serikat merupakan sisi produksi. Menurutnya, jika rupiah melemah maka akan ada peningkatan harga produksi.
 
Beberapa brand bahkan sampai harus menaikan harga jual produk jadinya. "Karena bila tak terjual, perusahaan tersebut akan mengalami kerugian karena antara produksi dan harga jual tidak seimbang," jelas Airlangga Hartanto.

Meski demikian, Airlanga menambahkan, tidak semuanya perusahaan menaikan harga. Alasannya adalah ada beberapa juga yang justru mayoritas produksinya, berasal dari local content. 

Artinya  perusahaan tersebut tidak perlu mengeluarkan biaya yang begitu besar untuk memproduksi. Karena,  kebanyakan perusahaan yang terpengaruh ialah mereka yang mengandalkan impor bahan baku. (yos)

Berita Terkait


Waspadai Pemanfaatan Isu Melemahnya Kurs Rupiah

Airlangga Hartanto: Pelemahan Rupiah Pengaruhi Kinerja Industri Otomotif

Tenang, BI Cukup Amunisi Redam Pelemahan Rupiah


Pelemahan Rupiah Tidak Mempengaruhi Harga Kedelai Impor
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber