Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Mlaku - Mlaku 

Peringatan Tiger Day Internasional, Harimau Di Secret Zoo Dapat Kado
Rabu, 01-08-2018 | 19:00 wib
Oleh : Rafli Firmansyah
Kota Batu pojokpitu.com, Bertepatan dengan international tiger day 29 juli, Batu Secret Zoo menggelar lomba face painting bagi pengunjung. Agar lebih semarak, pengunjung berlomba untuk merias wajah mirip dengan corak harimau secara berpasangan. Mulai dari surai, sorot mata, hingga loreng wajah di buat sama persis dengan harimau .

Dengan mengenakan pakaian ala kartun disney, peserta tampak percaya diri berfashion show di hadapan pengunjung lain. Masing -masing tampak anggun berjalan, pamerkan hasil riasan kepengunjung.

Ada juga teatrikal tentang perburuan harimau di sejumlah titik habitat harimau sumatra, seperti di Riau dan tempat lain di Indonesia. Diakhir cerita, pemburu berhasil ditangkap petugas dan disambut suka cita oleh harimau hutan yang diperankan oleh model.

Usai teatrikal, pengunjung diundang untuk membubuhkan cap tangan di atas sebuah matras besar, sebagai wujud partisipasi terhadap perburuan harimau yang marak di Indonesia yang memnyebabkan persebarannya terbatas dan hampir punah.

Peserta lomba, Mayrizka Safira, mengaku sangat antusias dalam langkah pelestarian satwa liar ini, ia berharap dengan adanya peringatan seperti ini mampu tingkatkan kesadaran akan kelangsungan hewan yang terancam punah.

"Melalui cap tangan, hands of tiger  diharapkan akan banyak orang yang sadar tentang pentingnya kelalngsungan sebuah spesies mahluk hidup," ujar Mayrizka Safira.

Agus Muylyanto, General Manager Jatimpark 2, menejlaskan, berdasarkan data dari 9 sub spesies harimau, saat ini hanya tersisa sekitar 6 subspesies saja. Seperti siberian, harimau benggala, indo-china, china selatan, malaya, dan harimau sumatera.

"Spesies lainya seperti harimau kaspira , harimau jawa dan bali telah punah .dan dari sejumlah spesies tersebut, masih ada sekitar 3890 ekor harimau yang masih tersisa," ujar Agus Mulyanto.

Sedangkan di Indonesia sendiri, saat ini hanya memiliki harimau sumatera meski dengan populasi yang memprihatinkan. Setidaknya kurang dari 400 harimau sumatera masih hidup dan tersebar di alam liar .

Saat ini harimau koleksi lembaga konservasi satwa, Jawa Timur Park 2 sebanyak 15 ekor, terdiri dari 10 ekor harimau benggala, 2 ekor harimau siberian dan 3 ekor harimau sumatera. (yos)

Berita Terkait


Peringatan Tiger Day Internasional, Harimau Di Secret Zoo Dapat Kado

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua