Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Melalui bahan-bahan yang mudah didapat seperti singkong, gadung dan umbi umbian. Mereka membuat alat detektor alami mengenai kandungan yodium pada garam yang dijual dipasaran. Foto: Felli Kosasi
Mahasiswa Polije Temukan Cara Mudah Deteksi Kandungan Yodium Pada Garam
Rabu, 01-08-2018 | 07:14 wib
Oleh : Felli Kosasi
Jember pojokpitu.com, Kekhawatiran ibu-ibu rumah tangga akan garam palsu yang tidak mengandung yodium, mungkin bisa menjadikan cara ini alternatif yang sangat mudah. Sejumlah mahasiswa program studi gizi klinik Politeknik Jember, untuk membuat sebuah penelitian bagaimana mendeteksi kandungan yodium pada garam yang dijual dipasaran.

Melalui bahan-bahan yang mudah didapat seperti singkong, gadung  dan umbi umbian. Mereka membuat alat detektor alami mengenai kandungan yodium pada garam yang dijual dipasaran.

Widanta Barliansyah,Mahasiswa Politeknik Jember, mengatakan, cara kerjanya cukup mudah, yakni bahan singkong, gadung dan umbi umbian diambil sari patinya, kemudian sari pati dicampur dengan garam dan cuka dapur.

"Setelah dicampur jika garam yang mengandung yodium akan mengeluarkan warna ungu atau biru pekat, sementara garam yang tidak mengandung yodium tidak berwarna," jelas Widanta Barliansyah.

Rindiani, Dosen Pembimbing Program Studi Gizi Klinik Politeknik Jember, menjelaskan, kandungan albumin pada singkong dan umbi umbianlah yang menyebabkan warna pada garam yang mengandung yodium.

Kandungan yodium pada tubuh sangat diperlukan, apalagi saat masa pertumbuhan. "Jika tubuh kita kekurangan yodium , maka efeknya bisa mengidap penyakit gondok bahkan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kekerdilan," jelas Rindani.

Dengan penemuan ini, diharapkan ibu ibu rumah tangga tidak perlu panik ketika membeli garam yang berlabel di pasaran. (yos)




Berita Terkait


Mahasiswa Polije Temukan Cara Mudah Deteksi Kandungan Yodium Pada Garam


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber