Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Sempat Alot, Pansel Sudah Serahkan 3 Nama Lolos Seleksi Sekdaprov Jatim ke Gubernur
Selasa, 24-07-2018 | 18:41 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, Walaupun sempat berjalan alot, akhirnya Pansel (panitia seleksi) Sekdaprov Jatim sudah menyerahkan 3 nama calon Sekdaprov Jatim yang lolos seleksi Pansel yang beranggotakan 5 orang akademisi senior dari sejumlah perguruan tinggi. Tiga nama tersebut hari ini diserahkan ke Gubernur Jatim untuk sampai pada tahapan di Presiden RI lewat Mendagri.

Ketua Pansel Sekdaprov Jatim,  Rudi Poernomo menegaskan, pembahasan untuk menentukan 3 nama dari 4 calon yang mengikuti seleksi berjalan sangat alot karena empat calon tersebut memiliki kredibilitas dan kapabilitasnya hampir sama, serta memiliki visi misi tentang birokrasi hampir sama sehingga nilainya selisihnya sangat tipis sekali.

Rudi mengatakan seluruh anggota Pansel sudah bekerja keras untuk mencari yang terbaik bagi Jawa Timur. "Kami sudah bekerja keras untuk mencari siapa yang mempunyai kemampuan menjadi Sekdaprov nanti," ujarnya.

Secara rata-rata anggota pansel cukup puas, karena semua kandidat mempunyai kapabilitas yang mumpuni sebagai bagian dari harapan menuju propinsi Jawa Timur yang besar dan bisa bergerak secara dinamis menghadapi tantangan ke depan. "Sekdaprov baru pasti akan membina ASN, kemudian mendampingi gubernur dalam proses menjalankan pemerintahan hingga proses lima tahun ke depan,"  tambahnya.

Rudi memastikan, proses seleksi, sudah final dan sudah selesai. "Tiga nama itu sudah kita bungkus, dari empat menjadi tiga nama atas dasar profesionalisme. Itulah yang kita sampaikan ke Gubernur, dan pansel tidak bisa mempublish dikarenakan masih ada tahapan di pemerintah pusat," ungkapnya.

Lantas apa yang membuat satu kandidat dicoret? Rudi mengatakan karena nilainya lebih rendah dari yang lain berdasarkan total skor yang sangat beda tipis-tipis sekali. "Termasuk nilai dari assasment badan diklat untuk kemampuan manajerial, dan pansel dari sisi paper academic dan diskusi," urainya.

Rudi menjelaskan 3 nama yang lolos akan melewati tahapan selanjutnya, yakni TPA (Tim Penyeleksi  Akhir) yang dipimpin oleh Wapres yang bertugas mengerucutkan ke satu nama.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim, Anom  Surahno. Mengatakan pada tanggal 27 Agustus Sekdaprov terpilih sudah harus dilantik, sehingga kemungkinan seminggu sebelum tanggal tersebut, sudah keluar nama Sekdaprov jatim terpilih.

Anom menegaskan, kinerja pansel Sekdaprov Jatim saat ini teramat berat. Ditandaskan juga tim pansel jauh fair intervensi dan tekanan. Dan mereka memiliki keahlian dibidangnya masing-masing serta memiliki kredibilitas tinggi.

Salah satu syarat utama Sekdaprov jatim adalah harus sudah menempuh diklatpim 1, berikut angkatan dan nilai diklatpim I, serta academic paper calon Sekdaprov jatim:

1. Heru Tjahjono (Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Jatim)
Diklatpim I tahun 2018 meraih peringkat pertama terbaik angkatan 38 dengan lulus sangat memuaskan mengangkat Tema Reformasi Birokrasi Provinsi Jawa Timur Menyongsong revolusi Industri 4.0.

2. Fattah Jasin (Asisnten II Sekdaprov Jatim)
Diklatpim I tahun 2017 meraih peringkat kedua terbaik angkatan 35 dengan lulus sangat memuaskan
mengangkat tema Terwujudnya Jatim Smart Province - Good Governance Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

3. Wahid Wahyudi (Kepala Dishub Jatim)
Diklatpim I tahun 2017  angkatan 36 dengan lulus memuaskan ,mengangkat judul Peningkatan Pelayakan dan Penyelengaraan Administrasi Pemerintahan dan Pembangunan dengan Reformasi Birokrasi dan Profesionalisme ASN menuju Jawa Timur yang Lebih Makmur dan Berakhlak.

4. Bobby Sumiarso (Kepala Bapenda Jatim)
Diklatpim I tahun 2016 angkatan 34
mengangkat tema Upaya Meningkatkan Kinerja Birokrasi Untuk Mendukung Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan di Jawa Timur. (end)


Berita Terkait


Sempat Alot, Pansel Sudah Serahkan 3 Nama Lolos Seleksi Sekdaprov Jatim ke Gubernur

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber