Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Para petani berharap ada penanganan nyata dari pemerintah untuk membantu kesulitan, yang saat ini mereka alami. Foto Avrizal Ilmi
Petani Tomat Merugi Akibat Kekurangan Air
Minggu, 22-07-2018 | 02:15 wib
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Kekeringan dampak musim kemarau membuat para petani tomat di Kabupaten Bojonegoro rugi besar . Hasil panen merosot drastis mencapai 50 persen, disebabkan tanaman rusak kekurangan air.

Seperti yang menimpa para petani tomat di Desa Woro, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro. Dampak musim kemarau membuat para petani harus menderita kerugian yang besar .

Menurut Muhamad Malik , petani tomat di Desa Woro, tanaman yang sudah memasuki masa panen justru rusak akibat kekurangan air selama 1 minggu ini.

Sebagian besar daun tanaman mulai mengering, sementara buah yang dihasilkan tak tumbuh normal alias menjadi kerdil. Beberapa buah diantaranya bahkan mengering dan membusuk. Dampaknya hasil panen turun drastis mencapai 50 persen dibanding musim sebelumnya.

Jika dalam kondisi normal. Hasil panen tomat dilahan seluas seratus meter persegi mampu menghasilkan hingga 70 sampai 80 kilogram untuk sekali petik. Maka akibat rusaknya tanaman tersebut, sekali  petik kini hanya mampu menghasilkan rata-rata 30 sampai 40 kilogram saja, dan itupun dengan kondisi buah yang masih hijau atau belum terlalu matang .

"Selain persoalan air, kami juga dipusingkan dengan munculnya serangan hama kutu, sehingga membuat buah tomat harus dipanen lebih awal dari yang seharusnya," kata Muhamad Malik.

Petani terpaksa memanen buah yang masih hijau, meski dijual dengan harga yang lebih murah yakni Rp 6 ribu perkilogram. Sebab mereka khawatir buah tomat justru akan membusuk, dan tidak laku dijual jika harus menunggu panen lebih lama. (pul)



Berita Terkait


Stok Melimpah, Pedagang Jual Tomat Dengan Harga Murah

Harga Murah, Tomat Milik Petani Blitar Dibiarkan Membusuk di Sawah

Harga Tomat Anjlok, Petani Merugi

Harga Tomat Anjlok di Petani Hanya Seribu Rupiah Per Kilo Gram


Tomat Tak Laku, Petani Pilih Bongkar Lahan

Aduh..Harga Tomat dan Lombok Anjlok

Belasan Hektar Tanaman Tomat Gagal Panen Akibat Kekeringan

Tanaman Tomat Kering Akibat Kemarau Panjang

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber