Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Saat ini harga cengkeh basah hanya di harga Rp 28.500 perkilogram. Harga ini jauh dari harga sebelumnya, yang mencapai Rp 35 ribu perkilogramnya. Foto: Saiful Mualimin
Panen Raya, Harga Cengkeh Malah Turun
Sabtu, 21-07-2018 | 17:35 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Memasuki musim panen raya petani cengkeh di Kabupaten Jombang, harus bersabar. Pasalnya harga cengkeh tahun ini menurun dibandingkan dengan harga cengkeh tahun sebelumnya.

Saat ini harga cengkeh basah hanya di harga Rp 28.500 perkilogram. Harga ini jauh dari harga sebelumnya, yang  mencapai  Rp 35 ribu perkilogramnya.

Aktifitas panen raya petani cengkeh dilakukan di Desa Sumber Kecamatan Wonosalam Jombang. Warga memanen cengkeh dengan alat seadanya. Berbekal tangga dan glangsing yang ditalikan di perutnya, mereka memetik cengkeh yang masih berkembang.

Tidak hanya kaum pria, sejumlah kaum hamapun tampak antusias membantu melakukan panen raya cengkeh tahun ini. Meskipun resiko keselamatan di pertaruhkan mereka tetap semangat memanen cengkehnya.

Sayangnya ditengah panen raya ini harga cengkeh kurang bersahabat. Yanti salah satu petani cengkeh mengaku, penurunan harga ini akibat suasana cuaca yang kurang panas. Sehingga kualitas cengkeh sedikit menurun.

"Harga jual saat ini memang tidak sampai membuat petani merugi, namun keuntungan yang didapat relatif kecil," jelas Yanti.

Petani berharap ada campur tangan dari pemerintah untuk membantu menstabilkan harga cengkeh, yang bisa menguntungkan petani. Sehingga musim panen yang sudah memasuki pertengahan ini bisa menjadi berkah petani. (yos)




Berita Terkait


Panen Raya, Harga Cengkeh Malah Turun

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber