Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Info Haji 

Dia adalah Supinah, warga Desa Ngrupit, Kecamatan Jenangan, Ponorogo. Foto: Heru Kuswanto
Menabung Puluhan Tahun, Nenek Sebatang Kara Naik Haji
Sabtu, 21-07-2018 | 09:36 wib
Oleh : Heru Kuswanto
Ponorogo pojokpitu.com, Berawal dari tekat yang kuat, seorang nenek sebatang kara di Ponorogo, tahun ini terdaftar menjadi Calon Jamaah Haji (CJH) dan berangkat akhir bulan juli 2018. Demi menggapai mimpinya, nenek yang sehari-hari menjadi buruh tani ini, harus menabung hingga 28 tahun.

Dia adalah Supinah, warga Desa Ngrupit, Kecamatan Jenangan, Ponorogo. Diusianya yang senja, nenek berusia 78 tahun ini masih semangat menjalani hidup, termasuk untuk melaksanakan rukun Islam ke lima yang tinggal beberapa hari lagi.
 
Mbah supinah ini masuk dalam kloter 37 embarkasi Surabaya dan berangkat ke tanah suci tanggal 28 juli mendatang. Demi mewujudkan keinginannya, nenek sebatang kara ini setiap hari harus menyisikan uang penghasilannya sebagai buruh tani selama lebih dari 28 tahun.
 
Tak hanya buruh tani tanaman padi, berbagai pekerjaan kasar yang seharusnya dilakukan kaum adam pun ia lakukan. "Seperti jadi juru masak nasi dalam hajatan, penanam pohon tebu hingga pembersih ladang," kata Supinah.
 
Meski upah dalam bekerja dalam sehari tidak lebih dari Rp 70 ribu, namun Mbah Supiah yang menjanda sejak 40 tahun lalu ini tetap berusaha menyisihkan uang setiap hari, dari 10 hingga 30 ribu.

Sejumlah warga pun merasa bangga dengan mbah Supinah, sebab selain pekerjaan sebagai buruh kasar, rumahnya pun jauh dari kata layak. Namun mbah Supinah tetap semangat untuk naik haji.

Sementara dari data di Kantor Kementrian Agama Ponorogo, tahun ini terdapat 605 jamaah calon haji yang berangkat ke tanah suci dan tergabung dalam 36 dan 37 embarkasi Surabaya. (yos)

Berita Terkait


13 Tahun Menabung, Nenek Penjual Nasi Keliling Naik Haji

Jelang Pelaksanaan Ibadah Haji 2019, Kemenag Tuban Berikan Pembinaan

Ratusan Jamaah Haji Laksanakan Puncak Ibadah Haji

Sisihkan Upah, Tukang Pijat Keliling Naik Haji


Meski Naik Kursi Roda, Nenek Kholilah Tetap Semangat Ibadah Haji

Ibadah Haji Tahun Ini Lebih Berat dan Menguras Fisik

418 Jamaah Jatim Gagal Tunaikan Ibadah Haji

Menteri Agama : Konflik Yaman Ancam Ibadah Haji

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber