Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Bacaleg Mantan Napi Dapat Tanda Khusus Dari PN
Senin, 16-07-2018 | 11:29 wib
Oleh : Tova Pradana
Madiun pojokpitu.com, Sejumlah Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) baik di tingkat kabupaten dan provinsi, beramai-ramai mendatangi pengadilan negeri (PN) Kabuapetn Madiun. Mereka mengajukan permohonan surat keterangan tidak pernah dipidana dan dicabut hak pilihnya.

Kesibukan ini saat menjelang penutupan pendaftaran calon legislatif. Di Kantor Pegnadilan Negeri Madiun, sejak pagi hingga petang Puluhan Bacaleg dari 16 partai politik silih berganti datang ke PN. Mereka mengajukan surat keterangan tidak pernah dipidana dan dicabut hak pilih.

Panitera Muda Hukum, Esti mengaku, dalam satu hari pihak pengadilan biasa menerima 50 lebih pengajuan surat keterangan untuk Bacaleg. Bahkan hari ini, jumlah permohonan melonjak hingga ratusan pemohon. Selain untuk keperluan Bacaleg ditingkat DPR, DPRD, juga mengurus untuk syarat keterangan pailit, syarat daftar Bawaslu dan KPU.

"Pemohon harus melampirkan persyaratan wajib, seperti surat permohonan, foto kopi KTP, KK, SKCK, dan foto. Khusus untuk Bacaleg yang pernah memiliki catatan kriminal, kami memberikan catatan khusus," kata Esti.

Sesuai tahapan KPU, pendaftaan calon legislatif dibuka mulai tanggal 4 sampai 17 Juli mendatang. Kemudian pada tanggal 5 sampai 18 Juli, KPU melakukan verifikasi administrasi daftar calon legislatif. Baru pada tanggal 12-14 Agustus mendatang, KPU mengumumkan daftar caleg sementara, DCS anggota DPRD Kabupaten Madiun beserta prosentase keterwakilan perempuan. (pul)

Berita Terkait


Bawaslu Kabupaten Blitar Kabulkan Gugatan Bacaleg Mantan Koruptor

KPU Tak Terima Sanggahan Terkait DCS Bacaleg 2019

Tidak Penuhi Syarat, 15 Bacaleg Ponorogo Dicoret

Hasil DCS 93 Bacaleg TMS, 2 Caleg Terduga Terlibat Kasus, Lolos


KPU Kediri Coret Puluhan Bacaleg

Hasil DCS 93 Bacaleg TMS, 2 Caleg Terduga Terlibat Kasus, Lolos

Bacaleg Dicoret KPU, Parpol Berpotensi Menggugat

KPU Madiun Coret 10 Bacaleg, 5 Mantan Napi Lolos
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber