Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sosok 

Bagi Liana, salah satu cara menyembuhkan pasien ODGJ ini dengan menganggap mereka teman dan tidak menjauhi mereka. Foto Rosi
Perawat Liana Dari Puskesmas Dongko Berani Bebaskan Orang Dipasung
Sabtu, 14-07-2018 | 10:15 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Trenggalek pojokpitu.com, Sosok perawat Liana asal Puskesmas Dongko, Kabupaten Trenggalek ini bisa menjadi teladan, agar tidak menjauhi Orang Dengan Gangguan Jiwa, atau ODGJ. Usia masih muda, Liana tidak jijik dengan ODGJ yang saat dipasung oleh keluarganya. Bahkan, Liana bersama petugas dinas kesehatan dan kepolisian berhasil membebaskan 19 ODGJ dari pasungan.

Salah satunya membebaskan Mingan, odgj yang dipasung di sebuah kandang belakang rumahnya di Desa Dongko, Kecamatan Dongko, Trenggalek. Setelah kandang tempat pasung berhasil dibuka, tanpa rasa jijik, Liana langsung memeluk mingan yang tubuhnya kotor setelah 10 tahun dipasung oleh keluarganya.  Tak hanya itu, dengan berani Liana memandikan Mingan dan memberinya obat. Setelah bersih, Liana bersama Tim ODGJ membawa Mingan ke Puskesmas Dongko untuk diobati.

Di Puskesmas Dongko, ternyata Mingan hanya satu dari 154 pasien ODGJ. Seluruh pasien tersebut terus diobati dengan berbagai teknik, seperti permainan, edukasi dan keterampilan.

Liana mengaku, dirinya tertarik menyembuhkan pasien ODGJ lantaran prihatin dengan jumlahnya yang terus meningkat. "Sejak 2010, kami sudah membebaskan 19 orang yang dipasung dan menangani 145 orang dengan gangguan jiwa," kata Liana.

Bagi Liana, salah satu cara menyembuhkan pasien ODGJ ini dengan menganggap mereka teman dan tidak menjauhi mereka.

Aksi liana ini bisa menjadi contoh sekaligus teladan bagi siapa saja, agar tidak meninggalkan orang dengan gangguan jiwa. Kini berkat Tim ODGJ, pasien dengan gangguan jiwa di trenggalek terus berkurang. (pul)

Berita Terkait


Seorang Pemuda di Tuban Dipasung Selama 17 Tahun

Gangguan Jiwa, Remaja Dipasung Keluarga

Dipasung Dua Tahun Kakak Beradik Pasien Gangguan Jiwa Dibebaskan

Ternyata Masih Banyak Warga Jatim Yang Terpasung


Ternyata Masih Banyak Warga Jatim Yang Terpasung

Perawat Liana Dari Puskesmas Dongko Berani Bebaskan Orang Dipasung

Petugas Sosial Bebaskan Korban Pasung

Dinkes Situbondo Bebaskan Puluhan Warga Terpasung di Akhir Tahun
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber