Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Dengan membawa 5 tumpeng, puluhan warga Desa Gaji, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, melakukan aksi simbolik di depan gedung DPRD dan kantor Badan Pertanahan Tuban. Foto: Khusni Mubarok
Sengketa Tanah Dengan Perusahaan Semen, Puluhan Warga Desa Gaji Arak Tumpeng
Kamis, 12-07-2018 | 15:12 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Dengan membawa 5 tumpeng, puluhan warga Desa Gaji, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, melakukan aksi simbolik di depan gedung DPRD dan kantor Badan Pertanahan Tuban.

Tujuannya, untuk mendoakan pejabat yang masih hidup, supaya peduli dengan tuntutan mereka atas kasus sengketa tanah dengan salah satu perusahaan semen.

Sesampainya di gedung DPRD Tuban, warga secara bergantian berorasi menyuarakan tuntutan mereka. Dalam orasinya, warga mengungkapkan bahwa mereka tak pernah menjual lahannya ke perusahaan.

Kordinator aksi, Abu Nasir, menjelaskan, bahkan, warga baru mengetahui adanya proses jual beli lahan saat akan menyertifikatkan lahanya, di kantor Badan Pertanahan Nasional Tuban pada tahun 2003. Karena merasa dirugikan, warga akhirnya memproses kasus tersebut ke jalur hukum sampai ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Belum adanya keputusan dari PTUN, mendorong warga Gaji melakukan aksi mengarak tumpeng di depan kantor DPRD dan BPN Tuban sebagai bagian dari kearifan lokal.,dengan harapan kasus sengketa ini bisa segera terselesaikan," jelas Abu Nasir.

Sementara itu, Kepala Badan Pertanahan Nasional Cabang Tuban, Ganang Anindito, mengungkapkan, hingga kini pihaknya belum dapat memproses kebenaran dokumen kepemilikan tanah antara warga dan PT. Semen Gresik. "Hal tersebut baru dapat dilakukan setelah keluar putusan dari PTUN," jelas Ganang Anindhito.

Apabila kasus tersebut tidak ada titik terang, warga Gaji mengancam akan menggelar aksi lanjutan yang lebih besar. Dengan menyorot persoalan lingkungan, dan dampak dari keberadaan corporate semen BUMMN tersebut. (yos)

Berita Terkait


Tolak Pembangunan TPS 3R, Warga Demo Kantor Kelurahan Lawangan Daya Pamekasan

Tolak Keberadaan Galian C, Warga Jatih Dukuh Demo di Balai Desa

Ratusan Warga Blokade Pusat Perbelanjaan di Kawasan Perumahan Safira Garden

Puluhan Warga Geruduk Balai Desa, Adukan Dugaan Pungli Pembagian Lahan


Tidak Menempati Janji, Bupati Ponorogo Didemo Warga

Pasca Demo Warga, Jalan Pantura Gresik Mulai Diaspal

Dinilai Proyek Abal - Abal, Penambangan Galian C Didemo Warga

Selingkuh di Hotel, Kades di Demo Warga
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber