Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Adalah Jumali,warga Desa Penganten Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro,meski kedua kakinya mengalami kelainan sejak kecil,atau lumpuh. foto: Avrizal Ilmi
Perjuangan Penyandang Disabilitas Guna Mendapatkan SIM
Kamis, 12-07-2018 | 14:22 wib
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Setiap warga negara berhak mendapat perlakuan sama di mata hukum, tidak terkecuali penyandang disabilitas. Di Kabupaten Bojonegoro,seorang pria lumpuh kaki berjuang untuk mendapatkan surat izin mengemudi atau sim dari kepolisian setempat, meski kedua kakinya tak bisa digerakan sendiri, namun ia berhasil lulus ujian menggunakan motor modifikasi.

Adalah Jumali,warga Desa Penganten Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro,meski kedua kakinya mengalami kelainan sejak kecil,atau lumpuh. Namun ia masih semangat mengikuti ujian praktek, untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM),dari petugas Satuan Lalu Lintas Polres Bojonegoro.

Jumali mengikuti program pemberian SIM secara gratis untuk penyandang disabilitas, dalam rangka memperingati hari bayangkara yang ke 72. Meski sebagai penyandang disabilitas, namun pria ini harus mengikuti ujian baik teori maupun praktek seperti orang normal pada umumnya.

Seperti harus melewati jalan zig-zag,jalan berbentuk angka delapan,maupun jalan lurus. Namun yang membedakan adalah, ia menggunakan motor yang sudah dimodifikasi.

Pria yang bekerja sebagai peternak burung ini mengaku termotivasi untuk mendapatkan sim seperti orang normal pada umumnya, karena ia menggunakan motor untuk menunjang aktifitas sehari-hari. Setelah dinyatakan lulus iapun memperoleh sim D atau sim khusus penyandang disabilitas.

Kasatlantas Polres Bojonegoro, AKP Aris Tiyanto, menjelaskan, Jumali tidak sendiri, "Ada 25 penyandang disabilitas se Kabupaten Bojonegoro,yang mengikuti program pemberian SIM secara gratis oleh petugas kepolisian," jelasnya.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan rasa aman, terutama bagi para penyandang disabilitas saat berkendara di jalan. (yos)

Berita Terkait


Perjuangan Penyandang Disabilitas Guna Mendapatkan SIM

Satlantas Polres Tulungagung Beri Layanan Khusus Untuk Pemohon SIM Penyandang Disabilitas

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua